Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah guru BK di SMA Negeri Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Data penelitian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling sebesar 33,1%, (2) terdapat kontribusi iklim organisasi terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling sebesar 25,2% dan (3) terdapat kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi secara simultan terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling sebesar 48,3%.

Article Details

References

  1. Adi, Ni Made Asricita, Yudana, Sunu. 2015. Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Etos kerja Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Konseling Pada SMA Se Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Pascasarjana Undiksha.6(1), Tahun 2015,1-8.
  2. Barnawi. 2012. Kinerja Guru Profesional: Instrumen pembinaan, peningkatan, & amp penilaian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  3. Fattah, N. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
  4. Gysbers,N.C., dan Handerson, P. 2006. Developing and Managing your school counseling program.(3 ed ed). Aleandria, VA : American Counseling Association.
  5. Hadian, D dan Yulianti, I. 2011. Pengaruh Kompetensi Guru Pembimbing, Iklim Organisasi, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pembimbing Pada Sma Se-Kota Cimahi. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship. 5(2), Oktober 2011, 63-73.
  6. Hersey, P. dkk. 2008. Management of Organization Behavior: Utilizing human resources. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
  7. Khan, Nadia. 2019. The Impact of Organizational Climate on Teachers Commitment. Journal of Education and Educational Development. 6(2), Desember 2019, 327-342.
  8. Kottler, J.A., & Shepard, D.S. 2008. Instroduction to Counselling. USA: Thomson Learning Academic Resource Center.
  9. Lisnanora, Yusuf dan Sufyarma. 2018. The Contribution of Work Motivation and School Work Climate on School Counselor Performance. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia.2(3), Agustus 2018, 106-114.
  10. Mangkunegara, A Prabu. 2003. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung : Refika Aditama.
  11. Mangkunegara, A Prabu. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
  12. Mason, Erin. 2010.Leadership Practices of School Counselors and Counseling Program Implementation. NASSP Bulletin. 94(4), 274–285.
  13. Micha, Daharnis, dan Alizamar. 2016. Pengaruh Iklim Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(1), Juni 2016, 23-32.
  14. Rock, Wendy dan Remley, Theodore. 2017. Principal Counselor Collaboration And School Climate. NASSP Bulletin. 101(1), 23-35.
  15. Sagala, Syaiful. 2008. Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan. Medan : Alfabeta.
  16. Sasongko, dkk. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bengkulu : Prodi MAP FKIP Universitas Bengkulu.
  17. Somody, Catherine et all. 2018. A Working System of School Counselor Supervision. SAGE Journals. 12(1), 15 Februari 2018.
  18. Subandi. 2017. Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Pengembangan Sains dan Humaniora. 1(2), Tahun 2017, 57-63.
  19. Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo.
  20. Syafaruddin, Dkk. 2016. Administrasi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
  21. Uno, H.B., & Lamatenggo, N. 2012. Teori Kinerja dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
  22. Winkel, W.S dan Hastuti, Sri. 2012. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Media Abadi.
  23. Yamin, M., & Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.
  24. Yildirim, Cevat dan Kaya Ahmet. 2019. The Contributions of School Principals as Constructivist Leaders to Their Schools’ Organizational Change. Asian Journal of Education and Training. 5(1), 2019, 1-7.
  25. Yusuf, S., & Nurihsan, A.J. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  26. Zukhufarisma. 2012. Implementasi Supervisi Pendidikan oleh Kepala Sekolah terhadap Guru. Artikel (Online). 9(2), Tahun 2012.