Main Article Content

Abstract

Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bahwa kebutuhan psikologis adalah kebutuhan yang paling penting yang dibutuhkan oleh siswa dalam meningkatkan kegiatan pembelajaran, terutama dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 23 Seluma. Dalam meningkatkan kegiatan proses pembelajaran diperlukan hubungan positif antara guru dan siswa. dan sangat dibutuhkan kerja sama yang baik antara guru dan orang tua dalam meningkatkan motivasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara observasi, dan dokumentasi menggunakan teknik kuesioner. Teknik pengumpulan data teknik pengamatan, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas pembelajaran IPS dalam penguatan pendidikan karakter telah diterapkan oleh guru dalam pembelajaran IPS meliputi hal-hal berikut. : (1) Kebutuhan psikologis dasar siswa di sekolah belum terlaksana dengan baik, sehingga mereka masih perlu ditingkatkan setiap saat (2) hubungan positif antara guru dan siswa terus ditingkatkan dengan menerapkan prosedur komunikasi antara guru dan siswa, serta antar siswa. (3) guru dan siswa telah menciptakan hubungan persahabatan yang harmonis dalam pembelajaran Ips dapat dilihat dalam kegiatan PBM, serta tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa. (4) guru berkolaborasi dengan orang tua siswa, seperti kunjungan rumah, mengundang orang tua ke sekolah, mengadakan korespondensi mengadakan pertemuan rutin. Ini dilakukan untuk meningkatkan kemajuan dan perkembangan siswa dalam belajar. (5) sebagian besar motivasi siswa dalam belajar adalah untuk meningkatkan pengetahuan sehingga dapat diterima di lingkungan kerja, dan masyarakat serta dapat meningkatkan derajat orang tua mereka.

 

 

Kata Kunci : Manajemen kelas, pembelajaran IPS, penguatan pendidikan Karakter,

Article Details

References

  1. Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, 2012. Manajemen Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
  2. Tim Pustaka Yustisia. 2007. Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan) SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK. Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
  3. Nasution Sumaatmadja(2002) definisi IPS. Tersedia pada http://awaliyahhasanah blogspot.com/2003/06/definisi-pendidikan-ips-danpendidikan.html?m=1.