Main Article Content

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Kota Bengkulu. Metode yang digunakan korelasional dengan tipe pendekatan kuantitatif sampel penelitian ini adalah 85 guru dari teknik pengolahan data SMA Kota Bengkulu menggunakan penentuan Korelasi Produck Moment dan Regresi ( sederhana dan berganda ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA Kota Bengkulu berada pada kategori tinggi. Efek terendah dari ketiga Variabel tersebut adalah motivasi kerja. Rekomendasi umumnya perlu meningkatkan kualitas kinerja guru melalui pelatihan, lokakarya, dan kualifikasi akedemik.

Keywords

kepemimpinan kepala sekolah motivasi kerja dan kinerja guru

Article Details

References

  1. Arimbi, Vela Miarri Nurma. 2011. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Temanggung. Yogyakarta : Tesis Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
  2. Danim, Sudarwan dan Khairil, 2010. Profesi Kependidikan . Bandung. Alfabeta.
  3. Danim, Sudarwan. 2012. Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  4. Hamzah. Uno, M. 2016. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  5. Hasibuan, Malayu S.P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
  6. Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  7. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
  8. Supardi. 2016. Kinerja Guru.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  9. Usman, Husaini. 2010. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, Ce- takan Kedua, Edisi Ketiga. Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Wahjosimidjo, 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah (tinjauan teoritik dan permasalahannya), Jakarta:PT. Raja Grafindo Prasada.