Main Article Content

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi standar manajemen kelas di SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah mengevaluasi guru dalam pengelolaan kelas berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41/2007 tentang Standar Proses yang berkaitan dengan: Bagaimana guru mengatur tempat duduk, volume dan intonasi suara guru, kata guru , Menyesuaikan materi pelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar siswa, menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keamanan, dan kepatuhan terhadap peraturan, memberikan penguatan dan umpan balik, menghormati siswa tanpa memandang latar belakang agama, suku, jenis kelamin, dan status sosial ekonomi; Guru menghargai pendapat siswa, memakai pakaian yang sopan, bersih, dan rapi, Menyerahkan silabus mata pelajaran yang dia ajarkan, guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif evaluatif yang berakar pada setting alam seperti data lapangan yang ada. Setting penelitian ini akan ditempatkan di SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan, Mata pelajaran pemilihan guru, kepala sekolah, bagian kurikulum, siswa, mata pelajaran menengah adalah masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, anget dengan formulir Google, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar menunjukkan pengelolaan kelas yang terstandarisasi, bahkan dalam beberapa hal pengelolaannya sudah dibuat lebih baik lagi.

Article Details

Author Biography

mastar efendi, SMAN 5 Bengkulu Selatan

Guru Madya SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan