Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pelajaran ekonomi dengan tugas mandiri terstruktur model jigsaw. Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok (disebut dengan kelompok asal, setiap kelompok terdiri dari 4-6 siswa dengan kemampuan yang heterogen). Persentasi hasil diskusi kelompok dilakukan oleh tiap kelompok sesuai dengan jenis badan usaha CV, Firma, Perseroan Terbatas, Koperasi,  BUMN, BUMD kelompok yang dirasa siap untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Kelompok lain memberi tanggapan terhadap hasil diskusi yang sedang dibahas. Bahwa jumlah siswa yang mengajukan pertanyaan pada Siklus I sebesar 8,5% sedangkan pada pada Siklus II sebesar 12,8%, menanggapi respon siswa lain menunjukkan adanya peningkatan yaitu pada Siklus I sebesar 12% sedangkan pada Siklus II sebesar 14,9%. Menjawab pertanyaan guru mengalami kenaikan yaitu Siklus I sebesar 12% sedangkan pada Siklus II sebesar 29,8%. Diskusi kelompok mengalami peningkatan karena guru mampu memotivasi siswa agar saling bekerjasama dengan anggota kelompoknya yaitu pada Siklus I sebesar 34% sedangkan pada Siklus II sebesar 85,1%. Penerapan pembelajaran dengan metode tugas mandiri terstruktur dengan membekali siswa belajar dengan media internet, kemudian dibuatkan hasil belajar dari internet tesebut berupa makalah ekonomi tentang peranan badan usaha pada perekonomian nasional, serta pada tahap kedua siswa setiap kelompok mempresentasikan makalah pada siklus II ini telah mengalami kemajuan, siswa sudah lebih aktif dibanding pada siklus I.

Article Details

Author Biography

mastar efendi, SMAN 5 Bengkulu Selatan

Guru Madya pada SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan

References

  1. Arikunto, Suharsimi. dkk. 2006. Peneilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.
  2. Gagne, R.M. & Briggs. L.J. 1985. Principles of Instructional Design. New York: Holt, Rinehart and Winston.
  3. Kemmis, S. and McTaggart, R. 1994. The Action Researh Reader. Victoria: Deakin University Press.
  4. Suwarsih Madya. 1994. Panduan penelitian tindakan. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  5. Winkel, W.S, 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah. Jakarta: Grasindo.