Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) perencanaan penguatan pendidikan karakter berdasarkan hasil analisis terhadap kebiasaan dan budaya yang ada di sekolah; 2) terlaksananya pendidikan penguatan karakter yang terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajar dan berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler dan ko-kurikuler; 3) evaluasi telah berjalan sesuai rumusan yang tertuang dalam program kerja pendidikan karakter.

Keywords

Manajemen Pendidikan Pendidikan Karakter

Article Details

References

  1. Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
  2. Goodman, Joan F. 2019. Searching for Character and the Role Of Schools. Article Ethics and Education. 14 (1). 2019. 15-35
  3. Kemendikbud. 2016. Konsep Dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
  4. Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.
  5. Miles, M. B. dan Huberman, M. A. 1994. Qualitative Data Analysis; An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: Sage Publication, Inc.
  6. Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  7. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
  8. Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.