Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengelolaan E-learning dengan model CIPP di SMAN 5 Bengkulu Selatan. Metode penelitian ini adalah diskriptif evaluatif model CIPP (Contexs, Input, Proses dan Produk). Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala bagian Kurikulum, guru TIK dan berberapa guru serta beberapa siswa.. Hasil penelitian (1) evaluasi pengelolaan E-learning dengan model CIPP di SMAN 5 Bengkulu yaitu pembelajaran dengan program ­e-learning di SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan berjalan dengan sangat tinggi dengan persentase rata – rata sebesar 80,625%

Keywords

E-Learning Evaluasi Model CIPP

Article Details

References

  1. Astanu, N. S., & Sowiyah, I. S. (2015). IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF (STUDI EVALUATIF METODE CIPP DI SMA NEGERI 2 METRO) (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).
  2. Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi program model CIPP pada proses pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75-82.
  3. Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Warta Dharmawangsa, (56).
  4. Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117-140.
  5. Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal pendidikan vokasi, 3(1).
  6. Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2019). Penerapan model evaluasi CIPP dalam mengevaluasi program layanan PAUD holistik integratif. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 10-25.
  7. Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu model evaluasi program pendidikan. At-Ta'dib, 6(1).
  8. Permatasari, G. A., Ellianawati, E., & Hardyanto, W. (2019). Online Web-Based Learning and Assessment Tool in Vocational High School for Physics. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(1), 1-8.
  9. Rohman, R. S., Ermawati, E., Farlina, Y., & Syabaniah, R. N. (2018). Rancang Bangun Web E-Learning untuk Pengelolaan Mata Pelajaran Tik Pada Smpit Adzkia Sukabumi. Swabumi, 6(1), 85-90.
  10. Suyanto, A. H. (2005). Mengenal E-learning. Universitas Gadjah Mada.[On-Line]. Tersedia: http: www. asep-hs. web. ugm. ac. id.