Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian secara umum untuk mengevaluasi efektivitas pengelolaan keuangan sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Bengkulu Selatan, sedangkan tujuan khusus untuk mengevaluasi: perencanaan, pembelanjaan, dan pertanggungjawaban keuangan sekolah. Metode penelitiannya yaitu diskriptif evaluatif. Hasil penelitan menunjukan bahwa pengelolaan keuangan di SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan cukup efektif. Adapun kesimpulan khusus yaitu: Perencanaan keuangan sekolah sudah cukup efektif, pembelanjaan keuangan sekolah belum sesuai dengan target yang diharapkan, dan pertanggungjawaban keuangan sekolah kurang efektif.

Keywords

Efektivitas Pengelolaan Keuangan Sekolah

Article Details

References

  1. Anwar, Idochi. 2013. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
  2. Fatah. 2012. Ekonomi dan Pembiayan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  3. Nanang Fattah. 2006. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 tahun 2020 Tentang petunjuk teknis Bantuan Operasinal Sekolah Reguler.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah
  7. Suharsimi Arikunto. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta
  8. Amri. 2015. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Jurnal: Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, Maret 2015, hlm. 197-209.
  9. Anis Pratiwi. 2016. Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan di SMP. Jurnal: Manajer Pendidikan, Volume 10, Nomor 5, November 2016, hlm. 421-426.
  10. Depniliza Depiani,2015. Efektifitas Pemanfaatan Dana Bantuan Operasinal Sekolah ( BOS). Jurnal: Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, Maret 2015, hlm. 302-314.
  11. Ervina Yulianti. 2017. Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMP. Jurnal: Manajer Pendidikan, Volume 11, Nomor 4, Juli 2017, hlm. 296-303.
  12. Fatimah,dkk. 2008. Efektivitas pengelolaan dana pendidikan dalam rangka penerapan manajemen berbasis sekolah tahun ajaran 2006/2007 (Studi pada SMK Cokroaminoto 1 Surakarta). Jurnal MIIPS Vol 7 No.2 September 2008, hal129-137.
  13. Ghazali Adillah. 2016. Manajemen Keuangan Sekolah. Jurnal: Manajer Pendidikan, Volume 10, Nomor 4, Juli 2016, hlm. 343-346.
  14. Gorrettie K, Venancio T, Joseph M & Stephen K. (2016). Public finance regulatory compliance among public secondary schools. International Journal of Social Economics, Vol. 43 Iss 11 pp. 1135 - 1155
  15. Mah’d, O. A. (2014). The Ministry of Higher Education’s Role in Private Jordanian Universities and The Hidden Tool of The Budget. Education, Business and Society: Contamporary Middle Eastern Issues, Vol 7 lss 2/3, 133-151
  16. McMillan JH dan Schumacer, S, 2010. Research In Education : Evidence Based Inquiry. New Jersey : Pearson Education Inc
  17. Nili Hayani.2015. Peran Komite Sekolah dalam Pembiayaan Pendidikan. Jurnal: Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, Maret 2015, hlm. 315-327.
  18. Tooley, S. Guthrie, J. (2007). Budgeting in New Zealand secondary schools in a changing devolved financial management environment. Journal of Accounting & Organizational Change, Vol. 3 Iss 1 pp. 4 – 28.
  19. Windarti. (2015). “Transparansi terhadap efektivitas pengelolaan keuangan pada SMA dan SMK Negeri di Kota Madiun”. ASSETS : Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Vol.4 No.1, April 2015
  20. Yunas, M. (2014). Financial Management for Improving Efficiency of School: Issues and Concerns. International Journal of Education and Social Science, Vol 1 (1).
  21. Zahruddin dkk (2019) “Implementasi penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah”. Jurnal Administrastrasi Pendidikan, Volume 26 Issue 1, April 2019 Hal 46-56.