Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak - Tujuan penelitian untuk mendeskrifsikan: Analisis kebutuhan sekolah, penyusunan program, menyusun pembagian tugas, melaksanakan kegiatan humas dalam hubungan sekolah dan masyarakat di SMP N 10 Kabupaten Lebong. Penelitian melakukan deskriptif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif . Subyek penelitian adalah komite, guru, kepala sekolah, wakil kepala sekolah. Pengumpulan data dengan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyusunan program hubungan sekolah dan masyarakat belum menekankan proses penetapan kegiatan di masa akan datang dengan mengatur berbagai sumber daya secara efektif dan efesien untuk mencapai hasil yang seoptimal mungkin sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dalam jangka panjang yaitu untuk 5 tahun. Sekolah tidak menyusun bantuan masyarakat dalam bentuk fisik dan financial dikerenakan adanya perintah bupati tentang larangan pungutan untuk kegiatan sekolah. Saran penyusunan program sebaiknya berdasarkan analisis kebutuhan sekolah dengan menekankan proses penetapan kegiatan di masa akan dating dalam jangka waktu lima tahun pembagian tugas dan pelaksanaan kegiatan humas hendaknya dalam bentuk tim.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Direktorat Pendidikan Menengah Umum. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.
- Ikhwan, A. (2018). Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Perspektif Islam. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-16.
- Praturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang satuan Tugas bersih Pungutan Liar.
- Kepmendiknas nomor 044/u/2002 tentang dewan pendidikan dan komite sekolah
- Kemendikbud, Unicef Dan UNM, 2013, Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar
- Kemendikbud. 2016, Petunjuk Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan, Jakarta, Dirjen Dikdasmen
- Kemendikbud. 2017, Indikator Mutu Pendidikan, Jakarta, Dirjen Dikdasmen
- Margono, S. 2003. Metode penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Mulyasa, 2004, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Referensi
Direktorat Pendidikan Menengah Umum. 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.
Ikhwan, A. (2018). Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Perspektif Islam. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-16.
Praturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang satuan Tugas bersih Pungutan Liar.
Kepmendiknas nomor 044/u/2002 tentang dewan pendidikan dan komite sekolah
Kemendikbud, Unicef Dan UNM, 2013, Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar
Kemendikbud. 2016, Petunjuk Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan, Jakarta, Dirjen Dikdasmen
Kemendikbud. 2017, Indikator Mutu Pendidikan, Jakarta, Dirjen Dikdasmen
Margono, S. 2003. Metode penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, 2004, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset