Main Article Content

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemetaan mutu, perencanaan mutu, pelaksanaan mutu, evaluasi mutu serta strategi peningkatan  mutu sistem penjaminan mutu internal di SDIT Insan Kamil. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Guru SDIT Insan Kamil. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemetaan mutu SDIT Insan Kamil sudah berjalan sesuai dengan tahapan sistem penjaminan mutu internal yakni mengacu pada pengisian EDS dan analisa rapor mutu, menyusun perencanaan penjaminan mutu yang berbentuk RKS dan RKT. Begitu pula dengan pelaksanaan mutu telah berjalan dengan baik sesuai rencana yang telah disusun. Evaluasi yang dilaksanakan sudah berjalan efektif dimana bentuk evaluasi mutu dilakukan oleh kepala sekolah dan struktur sekolah. Dan strategi peningkatan mutu berupa tindakan-tindakan perbaikan yang dilakukan oleh SDIT Insan Kamil.

Keywords

Sistem Penjaminan Mutu Internal

Article Details

References

  1. Asrohah, Hanun. (2014). Manajemen Mutu Pendidikan. Surabaya: Uin Sunan Ampel Press
  2. Fattah Nanang. (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  3. -------. (2013). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  4. Gustini, N., & Mauly, Y. (2019). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 229-244.
  5. Husaini, Usman. (2016). Kepemimpinan Pendidikan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.
  6. Sani, Ridwan Abdullah, Isda Pramuniati, Anies Mucktiany (2015). Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  7. Sani, R. A., Arifin, R. S., Rif’an, M., & Triatna, C. (2018). Sistem Penjaminan Mutu Internal. Tangerang: Tiara Smart.