Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi kompetensi kepribadian dan sosial guru. Metode penelitian ini adalah diskriptif evaluatif dangan pendekatan kuantitatif. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini dapat diambil simpulan bahwa pelaksanaan kompetensi guru umunya berkatagori baik dan sudah memenuhi standar yang diharapkan. Pada kompetensi kepribadian rata-rata sudah masuk dalam katagori baik disetiap aspek dan indikator yang dinilai, sedangkan pada kompetensi sosial sudah memenuhi standarisasi yang telah ditetapkan dengan rata-rata persentase skor kesesuaian pada standar kompetensi dengan katagori baik disetiap aspek dan indikator yang dinilai

Keywords

evaluasi standar kompetensi kepribadian dan sosial guru

Article Details

References

  1. Andina, E. (2018). Efektivitas pengukuran kompetensi guru. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(2), 204-220.
  2. Fahdini, R., Mulyadi, E., Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 33-42.
  3. Hadis, A., & Nurhayati, B. (2012). Manajemen mutu pendidikan.Palangkaraya: IAIN Palangkaraya.
  4. Hasbullah, H. (2013). PENGARUH KOMUNIKASI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Educatio, 8(2), 1-15.
  5. Janawi. (2012.) Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
  6. Kurniadin, D., Machali, I., & Sandra, M. (2013). Manajemen pendidikan: konsep & prinsip pengelolaan pendidikan.Palangkarya: IAIN Palangkaraya
  7. Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Kencana.
  8. Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).
  9. Susanto,Bob (2016) .“Pengertian Lingkungan Kerja Menurut Para Ahli Lengkap”, http://www.spengetahuan.com/2016/10/pengertian-lingkungan-kerja- menurut-para-ahli-lengkap.html.
  10. Zuchdi, D. (2010). Humanisasi pendidikan: menemukan kembali pendidikan yang manusiawi.Palangkaraya : IAIN Palangkaraya.