Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Bengkulu Selatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah KepalaSekolahdan Waka sarana prasarana dan guru di SMA Negeri 10 Bengkulu Selatan. Data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi. Data dianalisis secara deskriptif sesuai dengan komponen dan indikator yang telah dirancang sebelumnya. Hasil analisis deskriptif membantu perencanaan sarana dan prasarana pendidikan penambahan sarana fisik bangunan dan prasarana untuk mempercepat proses belajar dan penyelenggaraan prasarana dan struktur sarana dan prasarana secara umum telah terlaksana dengan baik

Keywords

implementasi sarana dan prasarana

Article Details

References

  1. AgusWibowo 2013.AkuntabilitasPendidikanUpayaMeningkatkanMutuDan Citra Sekolah. Yogayakarta: PustakaPelajar.
  2. Andi Pratowo. 2011.MetodePenelitian Kualitatif.Yogyakarta:Ar-RuzzMedia.
  3. Asmani,JamalMa’mu.2012.TipsAplikasiManajemenSekolah.Yogyakarta: DivePress.
  4. Burhan Bungin. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
  5. ChoirulFuadYusuf.2008.BudayaSekolahdanmutuPendidikan.Jakarta:PT. PenaCitrasatria.
  6. Henry L. Sisk. 1999. Principles of Management: a System Approach to the ManagementProcess. England: South-Western PublishingCompany.
  7. Istiqomah. 2006. Studi Tentang Manajemen Personalia Sekolah di SMA Unggulan Pon-Pes Nurul Islami Mijen Semarang, Skripsi Fakultas TarbiyahIAIN Walisongo Semarang.
  8. Mulyasa,E.2004.ManajemenBerbasisSekolah.Cet.7.Bandung:PTRemaja Rosdakarya.
  9. NanaSyaodihSukmadinatadkk.2006.PengendalianMutuPendidikan Sekolah Menengah(Konsep,Prinsip,danInstrument).Bandung: PT. Refika Aditama.
  10. Nurmalina, Nelliraharti, April 2020). Education Infrastructure Management In SMA Negeri Unggul Binaan Bener Meriah. (Journal of Education Science (JES), 6(1).
  11. SudarwanDanim.2008.VisiBaruManajemenSekolah(DariUnitBirokrasiKe Lembaga Akademik). Jakarta: PT. BumiAksara.
  12. Syaiful Sagala.2007.Manajemen StrategikdalamPeningkatan Mutu.Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  13. Tri Firmansyah, Achmad Supriyanto, Agus Timan. (2018). Efektivitas Pemamfaatan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Layanan. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Volume 2 Nomor 3.
  14. Jaya Indra,2008.Manajemen Pemeliharaan Sarana dan prasarana pendidikan di Sekolah Menegah Atas ( Studi Deskriftif di SMAN 1 dan SMAN 4 Kota Pagar Alam).Bengkulu: Tesis Prodi Magister Manajemen Pendidikan PPs FKIP Universitas Bengkulu.