Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan  melakukan studi banding terhadap Penerapan Standar  Proses Mengajar Guru SMP Negeri di Kabupaten Lebong. Penelitian ini menggunakan metode  komparatif deskriptif.Komparatif. Penelitian ini merupakan observasi terapan yang dilakukan untuk mengetahui kesenjangan  keberhasilan.Berdasarkan observasi, dokumentasi dan wawancara, hasil penelitian yang dihimpun dari 3 mata pelajaran guru menghasilkan hal sebagai berikut: Konsistensi dalam pelaksanaan proses pembelajaran menunjukkan keberagaman. Dengan ukuran peraturan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu (1) Guru yang telah mengajar sesuai dengan peraturan (2) Guru yang belum  mengajar menurut permen Mendikbud, (3) Guru yang dalam pembelajaran hanya menekankan materi pembelajaran hingga akhir pembelajaran

Keywords

Standar Proses Pembelajaran Guru

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 1999. Manajemen Penelitian.Jakarta:Renika Cipta.
  2. Beeby. C.E., 1980, Pendidikan di Indonesia Penilaian dan Pedoman Perencanaan, Jakarta, LP3ES.
  3. Chomaidi, Salamah. 2018, Pendidikan dan Pengajaran : Strategi Pembelajaran Sekolah, Jakarta, PT Grasindo
  4. Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2007,Pengembangan Budaya dan Iklim Pembelajaran di Sekolah, Jakarta, Materi Pelatihan Kepala Sekolah.
  5. Fattah, Nanang, 2012, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya,
  6. Ferdinan. “Penilaian Kinerja Mutu Pendidikan Agama Islam.” Tarbawi 1, no. 2 (2016): 129–38.
  7. Hidayat, Ara. 2010. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa.
  8. Indrawijaya Adam Ibrahim, 2010, Teori Perilaku, dan Budaya Organisasi, Bandung Refika Aditama, Cetakan Pertama
  9. Kemendikbud, Unicef dan Universitas Negeri Malang, 2013, Manajemen Budaya dan Lingkungan Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar, Jakarta, Kemendikbud
  10. Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
  11. Muhaimin, Sutiah, and Sugeng Listyo Prabowo, 2008, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah & Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada
  12. Nasir, Muhammad. 2013, Profesionalisme Guru Agama Islam : Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Melalui LPTK.” Dinamika Ilmu 13, no. 2 (2013): 189–203. https://doi.org/10.21093/di.v13i2.25.
  13. Nur Zain, 2017, Gerakan Menata Mutu Pendidikan Teori & Aplikasi. Yogyakarta: As-Ruzz Media
  14. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik IndonesiaNomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah
  15. Peraturan Pemerintah RI. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2013. http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/ 2016/ 08/ PP0322013.pdf.
  16. Peraturan Pemerintah. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta, 2005. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2.
  17. Samsih. 2014. Peran Guru Kelas Dalam Menangani Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Layanan Bimbingan Konseling. Jurnal Ilmiah Mitra Ganesha, ISSN: 2356-3443 Vol. No. 1 Juli 2014. Surakarta: FKIP UTP Surakarta.
  18. Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka
  19. Sikula, Andrew F. . 1981. Personnel Administration and Human Resources Management. New York : 4 Wiley Trans Edition, By John Wiley and Sons Inc.
  20. Soetjipto. 2004. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.
  21. Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta
  22. Sukrakhmad, Winarno. 1992. Metodologi Dalam Penelitian Sosial. Surabaya: Usaha Nasional.
  23. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
  24. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik IndonesiaNomor 13 Tahun 2007Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah
  25. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik IndonesiaNomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru
  26. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan,
  27. Purwanto, Ngalim. 1995. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis.Bandung : PT Remaja
  28. Undang–Undang No. 20 Th.2003 TentangSistem Pendidikan Nasional
  29. Tilaar, H.A.R. 1992. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Rosda Karya.
  30. -------, 1999, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional, dalam Perspektif Abad 21, Jakarta, Indonesia Tera