Main Article Content

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah mengevaluasi kedisiplinan pengawas mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA di Bengkulu Selatan. Sedangkan tujuan spesifiknya adalah mengevaluasi kedisiplinan supervisor dalam: a) menyusun program pengawasan, b) melaksanakan program pengawasan, c) mengevaluasi hasil pengawasan, d) menyusun laporan supervisory dan e) menindaklanjuti hasil pengawasan. pengawasan. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif evaluatif. Hasil penelitian ini adalah kedisiplinan pengawas mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA Bengkulu Selatan termasuk kategori "sangat baik". Hal tersebut tercermin dari indikator dan sub indikator yang terdapat pada kesimpulan spesifik sebagai berikut: a) Disiplin dalam hal penyusunan program kerja tahunan, program kerja semester dan penyusunan RPP sangat baik. b) Disiplin dalam pelaksanaan program tahunan dan program kerja semester sangat baik. c) Disiplin dalam pelaksanaan evaluasi program, evaluasi pelaksanaan supervisi dan evaluasi setelah pelaksanaan supervisi baik. d) Kedisiplinan dalam melaporkan hasil pemantauan kegiatan mulai dari laporan bulanan hingga laporan semester hingga laporan tahunan sangat baik. dan e) Disiplin dalam menindaklanjuti temuan selama pelaksanaan supervisi sangat baik.

Keywords

disiplin supervise evaluasi

Article Details

References

  1. Akhmad, Sudrajat.(2015). Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manausia Pendidikan dan Penjamin Mutu Pendidikan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Astuti, R., & Dacholfany, M. I. (2016). Pengaruh supervisi pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP di Kota Metro Lampung. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 1(2), 204-217.
  3. Bruce S. Cooper, Lance D. Fusarelli, dan E. VanceH Randell. (2004). Better Policies, Better School. New York: Pearson
  4. Rahmah, S. (2018). Pengawas sekolah penentu kualitas pendidikan. Jurnal Tarbiyah, 25(2).
  5. Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136-144.
  6. Sahertian. (1981). Implementasi Profesionalisme Pengawas Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam (Studi Tentang Pengelolaan Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Sulawesi Tenggara
  7. Slameto, S. (2016). Supervisi Pendidikan Oleh Pengawas Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 192-206.
  8. Suharsimi Arikunto. (1980). Metodologi Penelitian. Jakarta. Balai Pustaka
  9. Syafarudin dan Asrul (2013). Manajemen Kepengawasan Pendidikan. Bandung. Cita Pustaka Media