Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; proses program pengembangan profesionalitas guru yang meliputi; perencanaan program, pelaksanaan program, tindak lanjut dan hambatan program pengembangan profesi guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bengkulu Selatan.  Teknik analisis ini pada dasarnya terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, serta deskripsi dan verifikasi kalimat. Hasil dari penelitian ini adalah; (1) Perencanaan program pengembangan profesionalitas guru ada tetapi belum sepenuhnya terlaksana, (2) Pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru belum berjalan sesuai dengan program yang ada . (3) Ada tindak lanjut program pengembangan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bengkulu Selatan, namun tidak berdampak positif terhadap pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru. (4) Faktor penghambat program pengembangan profesionalisme guru  adalah; (a) faktor eksternal, dan (b) Faktor internal. Sebagai tindak lanjut dari penelitian pelaksanaan program pengembangan profesionalitas guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Bengkulu Selatan, yaitu;  Perlu adanya revisi terhadap perumusan dan pengaturan jadwal  program pengembangan profesionalitas guru berjalan sersuai dengan target yang ingin dicapai

Keywords

Program Pengembangan Profesionalitas Guru

Article Details

References

  1. Danim, Sudarwan. (2011). Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
  2. Garet, M. S., Porter, A. C., Desimone, L., Birman, B. F. & Yoon, K. S. (2001). What makes professionaldevelopment effective? Results from a national sample of teachers. American Educational Research Journal, 38(4), 915-945.
  3. Goodwin, A.,Lin and Kosnik C. (2013). Quality teacher educators=quality teachers? Conceptualizing essential domains of knowledge for those who teach teachers. Teacher Development. Vol. 17, No. 3, 334–346. http://dx.doi.org/10.1080/13664530.2013.813766.
  4. Mahdalina. (2017). Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru SLTA di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Stilistika; Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya. Kal-Sel. ISSN 2527-4104. Vol. 2 No. 2, 1 Oktober 2017.
  5. Moloeng, Lexy J. (2011) Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya
  6. Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesionalitas, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Cet. VII, Bandung: Remaja Rosdakarya
  7. Satori, Djam’an. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
  8. Surplan. (2006) . Guru sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat.