Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh kepemimpinan belajar dan stres kerja terhadap kinerja guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran di SMA Negeri Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda, uji parsial dan determinan kuadrat (R2). Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan belajar kepala sekolah terhadap kinerja guru. (2) stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja guru. 3) Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dan stres kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru

Keywords

kepala sekolah kepemimpinan pembelajaran stres kerja kinerja guru

Article Details

References

  1. Akin-Little, K. A., Little, S. G., & Laniti, M. (2007). Teachers’ use of classroom management procedures in the United States and Greece: A cross-cultural comparison. School Psychology International, 28, 53 – 62
  2. Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yarma Widya
  3. Azwar, Khairul, Yusrizal, and Murniati. 2015. Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru terhadap
  4. Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh.
  5. Goldstein dalam Akin-Little, K. A., Little, S. G., & Laniti, M. (2007). Teachers’ use of classroom management procedures in the United States
  6. Husni, Agus (2004) Peran Kepala Sekolah Dalam Koordinasi Dan Kerjasama Di Smk Sinar Husni. Masters thesis, UNIMED Tersedia Online: http://digilib.unimed.ac.id/2027/
  7. Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 61-71.
  8. Sasongko,Nur Rambat dan Zakaria , 2017 Pengaruh kepemimpinan Pembelajaran kepala sekolah dan Kepuasaan Kerja terhadap Kinerja Guru Di SMP. Jurnal Manajer Pendidikan, Volume 11, Nomor 1, Maret 2017, hlm. 26-36
  9. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
  10. Weinstein, C. S. (2003). Classroom management in a diverse society. Theory into Practice, 42(4), 266–268
  11. Yufiarti & Chandrawati, T. (2011). Profesionalitas Guru PAUD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka