Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kompetensi guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Bengkulu Selatan yang meliputi kompetensi pedagogik, keperibadian, sosial, dan profesional. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru matematika SMK di Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 17 orang, dengan sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampel jenuh yakni semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil penelitian ini adalah : tingkat kompetensi pedagogik, keperibadian, sosial, dan profesional guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Bengkulu Selatan tergolong baik

Rincian Artikel

Referensi

  1. Fitrah, M & Luthfiyah. 2018. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak
  2. Hakim, Adnan. 2015. Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science (IJES). 4(2), 1-12
  3. Herawati, Dewi. 2015. Profil Kompetensi Guru Matematika Jenjang SMP di Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. 22(1), Maret 2015: 77–83
  4. Hermawan, M. C. 2019. Refleksi Guru Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Untuk Meningkatkan Keberhasilan Siswa. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 4(2) April 2019: 78-91
  5. Mckim, A. J et all. 2017. Analyzing the Relationship between Four Teacher Competence Areas and Commitment to Teaching. Journal of Agricultural Education. 58(4), 1-14
  6. Muchson, M. 2017. Statistik Deskriptif. Bogor: Guepedi
  7. Mundir. 2018. Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kompetensi dan Inovasi Pembelajaran Guru Madrasah Ibtidaiyah. Indonesian Journal of islamic Teaching. 1(2). Desember 2018, 79-92
  8. Musfah, Jejen. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan & Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana
  9. Piada, Didi. 2018. Kinerja Guru (Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah). Jawa Barat: CV Jejak
  10. Ramdani, Yani. 2003. Sosok Pendidikan MatematikaMenyongsong Masyarakat dalam Era Globalisasi. Jurnal Fakultas MIPA UNISBA. 19(3), September 2003 : 330 – 345
  11. Rifma, 2016. Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru: Dilengkapi Model Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Jakarta: Kencana
  12. Rofa’ah. 2016. Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama
  13. Umar. 2019. Pengantar Profesi Keguruan. Jakarta: Rajawali Press
  14. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Kemenkumham
  15. Wahyuddin, Wawan. 2017. Headmaster Leadership and Teacher Competence in Increasing Student Achievement in School. International Education Studies. 10(3), 215-226
  16. Zulkifli & Royes, N. 2017. Profesionalisme Guru dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di MIN 1 Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI: desember 2017 3(2) 120-133