Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 05 Lebong. Secara khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan sarana dan prasarana; (2) Pengadaan sarana dan prasarana; (3) Pemanfaatan sarana dan prasarana; (4) Pemeliharaan sarana dan prasarana; (5) Penghapusan sarana dan prasarana. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pengelolaan sarana dan prasarana harus dilaksanakan dengan baik, mulai dari pengelolaan perencanaan, pengadaan, pemanfaatan, pemeliharaan, dan penghapusan sarana dan prasarana, sehingga sarana dan prasarana yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal dalam meningkatkan mutu pendiidkan.

Keywords

mutu pendidikan pengelolaan sarana dan prasarana

Article Details

References

  1. Arum, Wahyu Sri Ambar. 2007. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta:CV. Multi Karya Mulia
  2. Bafadal, Ibrahim. 2008. Manajemen Perlengkapan Sekolah; Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Barnawi & M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ruzz Media
  4. Danim, Sudarwan. 2010. Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta
  5. Depdikbud. 2007. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Persekolahan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdikbud.
  6. Ellong, Tubagus Djaber Abeng. Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM IQRA’ 11 (1)
  7. Hartoni. Dkk. 2018. Impelementasi Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Kejuruan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 8 (1), Juni 2018
  8. Humes, Walter. 2000. The Discourses of Educational Management. Journal of Educational Enquiry, 1 (1)
  9. Khoiriyah, Siti. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SDN 1 Pendowo Asri Kecamatan Dente Teladas Kabupaten Tulang Bawang. Lampung: Tesis Prodi MMP PPs FKIP Universitas Lampung
  10. Marishane, Ramodikoe Nylon. 2013. Management of School Infrastructure in the Context of a No-Fee Schools Policy in Rural South African Schools: Lessons from the Field. International Journal of Education Policy & Leadership, 8 (5), 2013
  11. Megasari, Rika. 2014. Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Bahana Manajemen Pendidikan. 2 (1), Juni 2014
  12. Nasrudin dan Maryadi. 2018. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Managemen Pendidikan, 13 (1), Januari 2018
  13. Nepal, Bijaya. 2016. Relationship Among School’s Infrastructure Facilities, Learning Environment and Student's Outcome. International Journal for Research in Social Science and Humanities Research, 2 (5), May 2016
  14. Nurbaiti. 2015. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Manajer Pendidikan. 9 (4), Juli 2015
  15. Nurmadiah. 2018. Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Al-Afkar, VI (1), April 2018
  16. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2013 tanggal 21 Maret 2013, Perubahan atas Permendiknas Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota
  17. Prastyawan. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. AL HIKMAH Jurnal Studi Keislaman, 6 (1), Maret 2016
  18. Rafindadi, Shuaibu Musa. 2016. The Impact of Infrastructure on the Quality of Primary Education in Katsina Zone Katsina State, Nigeria. Approaches in International Journal of Research Development, 10 (1), December, 2016
  19. Rohiat. 2008. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama
  20. Sasongko, Rambat Nur; Dkk. 2019. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bengkulu: Prodi MAP PPs FKIP Universitas Bengkulu
  21. Tim Dosen Administrasi Pendidikan. 2003. Pengelolaan Pendidikan. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
  22. Trisnawati. Dkk. 2019. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar. Jurnal Magister Adminstrasi Pendidikan PPs Universitas Syiah Kuala, 7 (1), Februari 2019