Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru sistem zonasi di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan, yang meliputi proses pendaftaran, pelaksanaan seleksi tiap jalur pendaftaran, dan pengumuman penetapan peserta didik baru. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penerimaan peserta didik baru sistem zonasi di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan berjalan dengan lancar dan sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku.                                                                                             

 

Article Details

References

  1. Abidin, Muhammad Zainal dan Asrori. 2018. Peranan Sekolah Kawasan Berbasis Sistem Zonasi dalam Pembentukan Karakter di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 7 No. 1
  2. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif . Bandung: Pustaka Setia.
  4. Elsandra, Yesi. 2019. Mengenal Sistem Zonasi di Jepang. http://www.voa-islam.com/read/politik-indonesia/2019/06/21/64986/mengenal-sistem-zonasi-di-jepang/#sthash.OwuOx7K8.ZjMQCPmZ.dpbs
  5. Imron, A. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  6. Jabar, dkk. 2016. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  7. Masyuri dan M. Zainudin. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Refika Aditama.
  8. Nasihin, S & Sururi. 2009. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  9. Pangaribuan, Elsa Nida dan Nunuk Hariyati. 2019. Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang SMP di Kabupaten Gresik. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
  10. Perdana, Novrian Satria. 2019. Implementasi PPDB Zonasi dalam upaya pemerataan akses dan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser Vol.3 No.1 Tahun 2019 pusat penelitian kebijakan pendidikan dan kebudayaan.
  11. Pradewi, Gunarti Ika dan Rukiyati. 2019. Kebijakan Sistem Zonasi dalam Perspektif Pendidikan. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan. Volume 4 Nomor 1 November 2019.
  12. Puspitasari, Anggraeni. 2019. PPDB sistem zonasi sekolah di Indonesia, Amerika Serikat, dan Australia. 7 Juli 2019. https://blog.ruangguru.com/ppdb-sistem-zonasi-sekolah-di-indonesia-amerika-serikat-dan-australia-sama-nggak-ya
  13. Safarah, Azizah Arifinna dan Udik Budi Wibowo. 2018. Program Zonasi di Sekolah Dasar sebagai Upaya Pemerataan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Lentera Pendidikan, Vol.21 No. 2 Desember 2018.
  14. Satria, Dani. 2019. Dampak Pelaksanaan Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi terhadap Mutu Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Universitas Lampung.
  15. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D, Bandung :Alfabeta.
  16. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kebijakan. Bandung: Alfabeta.
  17. Ulfah, Asri dkk. 2016. Efektifitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Online, Jurnal Pendidikan, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 2016
  18. Wahyuni, Dinar. 2018. Pro Kontra Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Info Singkat. Vol. 10 No. 14.