Main Article Content

Abstract

Tujuan pengabdian umum adalah untuk mendorong guru melaksanakan program pengembangan keprofesian yang berkelanjutan, terutama untuk meningkatkan kompetensi guru dalam publikasi ilmiah. Sedangkan tujuan khususnya adalah: a) meningkatkan pengetahuan guru dalam membuat artikel ilmiah, b) meningkatkan kemampuan presentasi ilmiah dalam forum seminar. Metode yang digunakan adalah melalui workshop dengan teknik penyajian materi dilanjutkan dengan diskusi dan praktek dengan pendampingan. Hasilnya adalah a) peningkatan pengetahuan guru tentang langkah-langkah menyusun artikel ilmiah, b) peningkatan kemampuan guru membuat artikel ilmiah, 3) peningkatan kepercayaan diri guru dalam melaksanakan presentasi artikel ilmiah di forum seminar.

Keywords

Profesional Pengembangan Guru

Article Details

References

  1. Kasmayadi, W., Kumaidi, K., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan instrumen asesmen diri guru terhadap aktivitas pengembangan keprofesian berkelanjutan. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 92-104.
  2. Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356-465.
  3. McKinsey dan Co. (2007). How the World’s Best- Performing School Systems Come Out on Top.Laporan penelitian. Tersedia dalam http:// mckinseyonsociety.com/downloads/ reports/Education/Worlds_ School_ Systems_Final.pdf. Diunduh 27 April 2020.
  4. Moeini. (2008). Identifying Needs: A Missing Part in Teacher Training Programs. Tersedia dalam www. 101 Pelatihan Dalam Rangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru (Yustinus Windrawanto) seminar.net/images/stories/vol4- issue1/moini-identifyingneeds.pdf. Diunduh tanggal 11 april 2020.
  5. Sari, K. P., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Kebijakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 113-120.
  6. Villegas-Reimers, E. (2003). Teacher professional development: an international review of the literature. Paris: IIEP-UNESCO.
  7. Wijaya, A., & Sumarno, S. (2017). Evaluasi dampak pendidikan dan pelatihan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru Matematika di PPPPTK Matematika Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 127-141.