Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perbandingan pengelolaan sarana pendidikan antara SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan dan SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah sarana dan prasarana, dan kepala tata usaha. Pengumpulan data berpedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian di SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan dan SMA Negeri 7 Kabupaten Bengkulu Selatan, (1) proses perencanaan pengadaan sarana, (2) sudah dilaksanakan tetapi belum optimal, (3) pemeliharaan fasilitas, (4) tata cara penggunaan fasilitas, (5) Penghapusan sarana, dan (6) Pengendalian sarana dan prasarana pendidikan di Sekolah.

Keywords

Manajemen Fasilitas Pendidikan SMA

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. (1999). Prosedur Penelitian Sebagai suatu pendekatan, Jakarta : Renika.
  2. Bafadal, Ibrahim. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah (Teori dan Aplikasinya). Jakarta : PT. Bumi Aksara
  3. Danim, Sudarwan. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia
  4. Gaffar, Fakhri. (2002). Konfrensi Nasional Manajemen Pendidikan, Fungsi Manajer Pendidikan Dalam Mengelola Pendidikan di Daerah Otonomi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta bekerjasama dengan Himpunan Sarjana Administrasi Pendidikan Indonesia.
  5. Hakim, L. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah Alam. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 1(1), 60-66.
  6. Indrawan, I. (2015). Pengantar manajemen sarana dan prasarana sekolah. Deepublish..
  7. Kurniawati, P. I., & Sayuti, S. A. (2013). Manajemen Sarana dan Prasarana di SMK N 1 Kasihan Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 98-108.
  8. Megasari, R. (2014) . Peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 5 Bukit tinggi. Jurnal Administrasi pendidikan FIP UNP.
  9. Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(1), 77-92.