Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembiayaaan di SD Negeri 2 Sungai Baung dan MI  Nurul Iman Lubuk Kemang pada aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan pembiayaan di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif  dengan pendekatan studi perbandingan. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Sungai Baung dan MI Nurul Iman Lubuk Kemang Kecamatan Rawas Ulu. Data penelitian didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan beberapa hal, antara lain: (1) Perencanaan Pembiayaan pada SD Negeri 2 Sungai Baung dan MI Nurul Iman Lubuk Kemang di Kecamatan Rawas Ulu membuat RKS dan RKAS yang memuat RAPBS dengan melibatkan stakeholders sekolah dan belum melibatkan  tokoh masyarakat, alumni, pengusaha, anggota profesi; (2) Kedua Sekolah Dasar telah melakukan pengorganisasian pembiayaan yang baik; (3) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun; (4) Sekolah Dasar Negeri 2 Sungai Baung dan MI Nurul Iman Lubuk Kemang di Kecamatan Rawas Ulu menyusun RKS dan RKAS yang di dalamnya memuat RAPBS; (5) Pelaporan Pembiayaan pada SD Negeri 2 Sungai Baung dan MI Nurul Iman Lubuk Kemang di kecamatan Rawas Ulu dilakukan dengan mulai dari penyusunan keuangan sesuai dengan peraturan dan pembiayaan disusun secara rutin setiap tahun

Keywords

Manajemen Pembiayaan Sekolah

Article Details

References

  1. Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
  2. Atmaja, RM. Teguh Eko, Cut Zahri Harun & Sakdiah Ibrahim. 2016. Analisis Penetapan Standar Biaya Pendidikan Pada Sma Negeri 2 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 4 Nomor 1 [119- 128]. ISSN 2302-0156
  3. Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : CV. Pustaka Setia.
  4. David Wijaya. 2009. Implikasi Manajemen Keuangan Sekolah. Jakarta: Jurnal Pendidikan Penabur
  5. Direktorat Pendidikan Dasar. 1997. Pola dan Strategi Pembinaan Pendidikan di Sekolah Dasar: Suatu Pendekatan Pembangunan Sekolah secara Menyeluruh. Jakarta: Direktirat Pendidikan Dasar, Ditdikdasmen Depdikbud.
  6. Fatah, Nanang. 2007. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bai Quraisy.
  7. Fatah, Nanang. 2006. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cetakan Keempat.
  8. Ferdi, W.P. 2013. Financing Of Education: A Theoritical Study. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 4 [565-578]
  9. Hariri, Hasan, Karwan, Dedy H. && Ridwan. 2016. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi. ISBN 978-602-6435-29-3
  10. Haryati, Sri. 2021. Pengembangan Model Manajemen Pembiayaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Di Kota Magelang. Journal of Economic Education, Volume 1 No. 1 [65-70]. ISSN 2301-7341
  11. Kahavizakiriza, Rose., Kisiangani Benson Walela, Danstanwanyonyikukubo. 2015. Financial Management In Public Secondary Schools In Kenya: A Case Study Of Lurambi SubCounty Kakamega County. International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 4, Issue 09 [167-178]. ISSN 2277-8616
  12. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 129a/U/2004
  13. Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  14. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 44/U/2002 Tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  15. Komariah Nur, 2018, Konsep Manajemen Keuangan Pendidikan, Universitas Islam Neger, Indragirii
  16. Koontz,H. 1984. Management. London: McGraw-Hill International Book Company.
  17. Megiati, Yunita Endra. 2016. Pemberdayaan Komite Sekolah: Kajian Konsep Dan Implementasinya. Jurnal SAP Vol. 1 No. 2 [126-134]. ISSN: 2527-967X
  18. Moleong Lexy J., 2001Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosda Karya: Bandung
  19. Mulyasa.2005 Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. .
  20. Munge, M. N., M. Kimani & D. G. Ngugi. 2016. Factors Influencing Financial Management In Public Secondary Schools In Nakuru County, Kenya. International Journal of Economic, Commerce and Management. Vol Iv, Issue 9 [91-114], ISSN 2348 0386
  21. Myende, Phumlani Erasmus., Michael Anthony Samuel & Ansurie Pillay . 2018. Novice rural principals’ successful leadership practices in financial management: Multiple accountabilities.South African Journal of Education, Volume 38, Number 2 [1-11]
  22. Peraruran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun 2013. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  23. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2012 Tentang Pungutan dan Sumbangan Biaya Pendidikan pada Satuan Pendidikan Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan danKebudayaan.
  24. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2010 Tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  25. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  26. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  27. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  28. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 jo. Nomor 66 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara RI.
  29. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  30. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 Tentang Pendanaan Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara RI.
  31. Phylisters, Matula D., Angeline Sabina Mulwa, Dorothy Ndunge Kyalo. 2018. Financial Management for Effective Schools: Bridging Theory and Practice through Competency Development among Secondary School Principals in Kitui County, Kenya. International Journal of Education and Research Vol. 6
  32. Radzi, Norfariza Mohd., Muhammad Faizal A. Ghani and Saedah Siraj. 2015. Development of an effective school-based financial management profile in Malaysia: The Delphi method application. Academic Journal: Vol. 10 No 12 [1679-1694]. DOI: 10.5897/ERR2015.2201
  33. Sholihat, Siti Saniyyah. 2017. Pengelolaan Biaya Pendidikan, Partisipasi Masyarakat, Dan Mutu Layanan Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.1 [1-10]
  34. Sonedi, Zulfa Jamalie & Majeri. 2017. Manajemen Pembiayaan Pendidikan Bersumber dari Masyarakat: Studi Pada MTs Darul Ulum Palangka Raya. FENOMENA, Volume 9, No 1 [25-46]
  35. Stoop, E. et.al. 1981. Handbook of Educational Administration: A Guide for the Practitioner (Second Edition). Boston: Allyn and Bacon, Inc.
  36. Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta.
  37. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  38. Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
  39. Surakhmad, Winarno. 2003. Pengantar Penelitian Ilmiah . Bandung : Tarsito
  40. Tilar, H.A.R. 2004. Paradigma Baru, Pendidikan Nasional. Renika Cipta.
  41. Tim Pakar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. 2003. Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.
  42. Tim Pakar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. 2004. Perspektif Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang.
  43. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional