Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis korelasi disiplin guru dan prestasi kerja guru madrasah tsanawiyah di kabupaten kaur; (2) menganalisis korelasi reward guru dengan prestasi kerja guru Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kaur (3) menganalisis korelasi disiplin guru dan  reward guru terhadap prestasi kerja guru  Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kaur. Penelitian ini juga termasuk penelitian populasi, karena seluruh populasi menjadi sampel. Jumlah responden adalah seluruh guru yang mengajar di 5 madrasah negeri di Kabupaten Kaur berjumlah 75 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket yang diisi oleh guru-guru madrasah melalui google form dengan link bit.ly/alfitho. Validitas instrumen diuji menggunakan analisis SPSS menggunakan uji Pearson Correlation. Reabilitas instrumen diuji menggunakan uji statistik Cronbach Alpha (?). Uji normalitas menggunakan One Sample Kolmogorov-Smirnov Test.  Uji multikolinieritas digunakan penilaian Variance Inflation Factor (VIF) dan Tolerance Value. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji persyaratan analisis dan analisis korelasi dengan bantuan komputer program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada korelasi yang positif dan signifikan  disiplin  guru dengan prestasi kerja guru. (2) ada korelasi positif dan signifikan reward guru dengan prestasi kerja guru. (3) ada korelasi yang positif dan signifikan disiplin guru dan reward guru terhadap prestasi kerja guru. Untuk itu penulis menyarankan kepada seluruh guru madrasah agar selalu meningkatkan disiplinnya untuk mencapai prestasi guru itu sendiri dan siswanya

Keywords

Disiplin Prestasi Kerja dan Reward

Article Details

References

  1. Ananda, F. D. (2020). Pengaruh Kompensasi dan Komitmen Organisasi terhadap Turnover Intention Karyawan di Universitas Pertamina.
  2. Ardi, M. (2015). Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Disiplin Siswa Dalam Belajar (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Nanga Tebidah Kecamatan Kayan Hulu Kabupaten Sintang).
  3. Arikunto, Suharsimi, 2010 prosudur penelitian suatu pendekatan praktis. Jakarta. Rinika cipta
  4. Aritonang, K. T. (2005). Kompensasi kerja, disiplin kerja guru dan kinerja guru SMP kristen BPK Penabur Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur, 4(4), 1-16.
  5. A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
  6. Arvolis, W. (2017). Analisis Kinerja Sumber Daya Manusia Pada BMT Al-Azhar Kota Lubuk Linggau (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
  7. Dekawati, I. (2019). I. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 5(1), 113-122.
  8. Endang, H. K. (2017). Implementasi Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri 08 Kota Bengkulu. Annizom, 2(2).
  9. Fiadicha, F. (2016). Pengaruh good corporate governance, corporate social responsibility dan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Jurnal akuntansi manajerial, 1(1).
  10. Grediani, E., & Sugiri, S. (2010). Pengaruh tekanan ketaatan dan tanggung jawab persepsian pada penciptaan budgetary slack. Simposium Nasional Akuntansi, 13.
  11. Haryani, S. S. (2015). Pengaruh kompensasi terhadap motivasi kerja dan kinerja (Studi pada karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1).
  12. Hasibuan, M. 2013. Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.
  13. Hasibuan, Malayu S.P. (1997). Manajemen sumber daya manusia. , Jakarta: Gunung Agung.
  14. Herman P, H. P., Mukhtar, M., & Raudhoh, R. (2018). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Karir Guru Di Smp Negeri 2 Kateman Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
  15. Hidayat, S., & Sari, R. A. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja Guru di SMA Negeri 08 Kota Lubuklinggau. Jurnal Media Ekonomi (JURMEK), 22(2), 1-10.
  16. Kamaluddin, I. H. A., & Patta Rapanna, S. E. (2017). Administrasi Bisnis (Vol. 1). SAH MEDIA.
  17. Kiptiah, L. (2013). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin (Doctoral dissertation, STIE Indonesia Banjarmasin).
  18. Kurniawan, D., & Dwi, A. G. U. S. (2013). Pengembangan Buku Siswa untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Cornflake Cookies pada Siswa Tunagrahita SMA-LB Negeri Gedangan, Sidoarjo. Jurnal Tata Boga, 2(1).
  19. Lathifah, I. M. (2019). Pengaruh Reward terhadap Motivasi Guru di MTs Daarul Ahsan Kabupaten Tangerang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SMH BANTEN).
  20. Marhamah, M. (2019). GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI. Ziryab: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 18-32.
  21. Martoyo, S. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogjakarta: BPFE.
  22. Mathis, John. H, Jacson. (2011), Manajemen Sumberdaya Manusia, Terjemahan, Salemba Empat, Jakarta.
  23. Muhammad, R., & Imam Makruf, M. P. (2017). Pengaruh Pemberian Penghargaan Dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Guru Mtsn Se-Kabupaten Ngawi (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).
  24. Mulyasa. E. 2011. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  25. Nurpina, S. (2016). Pengaruh Penghargaan (Reward) Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Kerja Guru SMA Negeri Di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 1337-1345.
  26. Panjaitan, B. (2016). Pengaruh Insentif, Sertifikasi Guru Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru (Studi pada SMK 2 Triple “J” Citeureup). MEDIA MANAJEMEN JASA, 3(2).
  27. Rusydiati, R. (2017). Kepuasan Kerja Guru Terhadap Prestasi Kerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah. Studia Didaktika, 11(01), 45-54.
  28. Setyaningsih, Sri H. 2010. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Kpemimpinan. Jurnal: Jakarta
  29. Sibarani, D. (2017). Analisis pengendalian intern terhadap penggajian pada pt. Medan tropical canning and frozen industries.
  30. Sormin, N. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Kerja Guru Melalui Peran Pembinaan Kepala Sekolah Di SDN 3 Selat Tengah Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 11(1), 53-67.
  31. Sudarwan Danim, Kepemimpinan Pendidikan Kepemimipinan Jenius (IQ +EQ) Etika,
  32. Sudjana 2005. Metoda Statistika Edisi 6. Bandung : Tarsito
  33. Sugiyono, 2010, Statistika Untuk Penelitian, Bandung: CV Alfabeta.
  34. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta
  35. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  36. Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
  37. Sulfemi, W. B. (2019). Kemampuan Pedagogik Guru.
  38. Supardi dan Anwar, S. 2014. Dasar-dasar Perilaku Organisasi. Yogjakarta: UII Press
  39. Sutanto, E. M., & Suwondo, D. I. (2015). Hubungan lingkungan kerja, disiplin kerja, dan kinerja karyawan. Jurnal manajemen dan kewirausahaan, 17(2), 135-144.
  40. Sutrisno, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada. Media Group, Jakarta
  41. Tanjung, H. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 15(1).
  42. Trianawati, P. (2013). Penanaman Nilai Tanggungjawab Melalui Ekstrakurikuler Kepramukaan di SMP Negeri 13 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
  43. Widinugroho, A., & Modouw, J. (2016). Efektifitas Pemberian Tunjangan Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru IPA dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP/MTs di Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1), 1-15.
  44. Wulan, S. (2017). Kajian Teori Hubungan Disiplin dan Lingkungan Kerja dengan Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 9(1), 49-64.
  45. Wukir. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Sekolah. Yogyakarta: Multi Presindo