Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan evaluasi program pembelajaran BPI di SDIT Insan Kamil Kaur dengan model CIPP (Evaluasi conteks, input, proses dan produk). Penelitian ini merupakan studi evaluatif dengan pendekatan kualitatif.  Subjek penelitian adalah Waka Kurikulum dan Guru BPI SDIT Insan Kamil Kaur. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi contek dimulai dari analisa kebutuhan, landasan dan program kurikulum yang sudah memenuhi standar JSIT. Evaluasi input guru, siswa dan sarana prasarana yang sudah memadai, evaluasi proses pelaksanaan berjalan sesuai dengan program pembelajaran yang dibuat dan sesuai dengan yang telah direncanakan dan evaluasi produc yang sudah mencapai capaian ketuntasan minimum sekolah dari aspek pengetahuan nam dari aspek sikap belum tercapai. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat program pembelajaran BPI di SDIT Insan Kamil diantaranya adalah pembiayaan selama proses pemenuhan mutu dan sarana dalam proses meningkatkan mutu SDM yang belum memenuhi kriteria, belum sepenuhnya bersinergi dengan orang tua dan system pembagian kelompok pembelajaran yang belum merata.

Article Details