Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan evaluasi program pembelajaran BPI di SDIT Insan Kamil
Kaur dengan model CIPP (Evaluasi conteks, input, proses dan produk). Penelitian ini merupakan studi evaluatif
dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Waka Kurikulum dan Guru BPI SDIT Insan Kamil Kaur.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa evaluasi contek dimulai dari analisa kebutuhan, landasan dan program kurikulum yang sudah memenuhi
standar JSIT. Evaluasi input guru, siswa dan sarana prasarana yang sudah memadai, evaluasi proses pelaksanaan
berjalan sesuai dengan program pembelajaran yang dibuat dan sesuai dengan yang telah direncanakan dan evaluasi
produc yang sudah mencapai capaian ketuntasan minimum sekolah dari aspek pengetahuan nam dari aspek sikap
belum tercapai. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penghambat program pembelajaran BPI di SDIT Insan
Kamil diantaranya adalah pembiayaan selama proses pemenuhan mutu dan sarana dalam proses meningkatkan mutu
SDM yang belum memenuhi kriteria, belum sepenuhnya bersinergi dengan orang tua dan system pembagian
kelompok pembelajaran yang belum merata.
Article Details
Copyright (c) 2025 MANAJER PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.