Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di SMA Negeri 5 Kaur. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian jenis kualitatif. Informan dalam penelitian ini diambil sebanyak 3 orang diambil secara purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi terkait Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di SMA Negeri 5 Kaur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah di SMA Negeri 5 belum berjalan secara maksimal dikarenakan masih ada guru yang terlambat masuk kelas untuk memberikan pembelajaran kepada murid, sehingga tugasnya digantikan oleh wakil kepala sekolah dan dalam pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar yang efektif belum di dukung oleh sarana dan prasarana yang memadai.

Article Details

References

  1. Makhfudz. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Menengah Pertama Se Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul. Tesis Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.
  2. Mulyono, Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta : Ar- Ruzz Media, 2008.
  3. Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah
  4. Purwanto, Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2002.
  5. Sanjaya, Ronald and Syaiful, Anwar and Zakaria, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Sekolah Efektif (Studi Evaluasi di SMA Negeri 5 Rejang Lebong). Masters thesis, Universitas Bengkulu. 2020.
  6. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan RdanD. Bandung: Alfabeta. 2017