Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan pendekatan saintifik guru  melalui teknik kunjungan kelas, (2) meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan saintifikm melalui teknik kunjungan kelas. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru yang mengajar di kelas X dan XI. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan teknik kunjugan kelas meningkatkan kemampuan guru menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran pada siklus I rata-rata persentase keberhasilan pencapaian masing-masing guru di pertemuan ke-1 yakni 53% kriteria kurang (K), pertemuan ke- 2 yakni 73% kriteria cukup (C). Pada siklus II di pertemuan ke-1 yakni 88% kriteria baik (B), pertemuan ke-2 yakni 95% kriteria sangat baik (SB). Penelitian ini disimpulkan bahwa teknik kunjungan kelas secara proses berjalan sesuai tahapan yang dapat dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan guru  dalam menerapkan pendekatan saintifik.

Article Details

References

  1. Amin, MT. 2016. Pengaruh Professionalitas Dan Kedisiplinan Guru Terhadap Prestasi Kinerja Guru Sma Negeri 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(16), 119-131.
  2. Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: Pusta Setia.
  3. Moleong, 2009.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Nazir, 2000.Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  5. Purwanto, Ngalim, 1999. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara Sumber Media.
  6. Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.
  7. Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Ed, 1. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.