Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengevalusi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Lebong. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) perencanaan sarana dan prasarana pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Lebong; (2) pengadaan sarana dan prasarana pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Lebong; (3) pengaturan sarana dan prasarana pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Lebong; (4) penghapusan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri Kabupaten Lebong. Metode penelitian ini adalah evaluatif kualitatif. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan harus dilaksanakan dengan baik, mulai dari perencanaan, pengadaan, pengaturan, dan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan, sehingga sarana dan prasarana pendidikan yang tersedia dapat dimanfaatkan secara optimal dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Kata Kunci

mutu pendidikan pengelolaan sarana dan prasarana

Rincian Artikel

Referensi

  1. Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana, 2008, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta:Aditya Media.
  2. Barnawi & M. Arifin, 2014, Manajemen Sarana Dan Prasarana Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  3. Bafadal, Ibrahim, 2008, Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya, Jakarta: PT Bumi Akasara.
  4. Farikhah, Siti. 2015. Manajemen Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
  5. Minarti, Sri, 2011, Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  6. Moleong, Lexy. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  7. Nasution. 1996. Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
  8. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta