Main Article Content

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pemenuhan standar kompetensi kewirausahaan kepala sekolah di SMA N 01 Kabupaten Lebong. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam: menciptakan inovasi, bekerja keras, motivasi yang kuat, pantang menyerah, dan memiliki naluri kewirausahaan dilihat dari penerapan dan implementasi karakteristik mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif evaluatif, dimana penelitian ini hanya menggambarkan fakta-fakta yang ditemukan di lapangan tanpa melakukan perubahan pada setiap variabel penelitian. Subjek pemilihan sebagai informan dalam penelitian ini sebagai subjek utama atau subjek utama adalah kepala sekolah SMA N 01 Kabupaten Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah: (1) Kepala sekolah belum mengembangkan kegiatan yang inovatif untuk kemajuan dengan pemikiran atau perubahan baru, Kepala Sekolah melakukan pekerjaan secara konvensional, bekerja sesuai aturan dan pedoman yang berlaku, (2) Kepala sekolah belum mempelajari keyakinan bahwa banyak bukti keberhasilan seseorang karena kerja keras, (3) motivasi kepala sekolah tidak cukup untuk mencapai yang terbaik, (4) Pantang menyerah kepala sekolah belum muncul, dan (5) kepala sekolah tidak memiliki kualitas daya pikir, hati, dan kepala sekolah memiliki daya fisik yang cukup untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan benar.

Article Details

References

  1. Raharjo M (2014) Aplikasi kopetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam mengelolapraktik kerja industry pada sekolah menengah kejuruan, Jurnal Pendidikan Humaniora Vo. 2 No.3 Hal.236-245.
  2. Oktavia R (2014) Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah pada sekolah menengah pertama negeri di kecamatan hilir gunanti kabupaten solok, Jurnal Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 1, Hal 596-831.
  3. Iswadi (2016) Kewirausahaan Kepala Sekolah. Jurnal Manajer Pendidikan, Vol.10 No.5 Hal. 416-420.
  4. Heny (2012) implementasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah Dalam pengorganisasian business center “smk mart. Jurnal of Economi Education n 1 (2).
  5. Komariah Nur (2017) kepemimpinan entrepreneurship Kepala sekolah dalam meningkatkan Kemandirian pembiayaan sekolah.Jurnal Al- Afkar Vol. V, No. 1
  6. Sagala, Syaiful (2006) Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat, Strategi Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta: Nimas Multima, Cet.1.
  7. Danim, Sudarwan, (2010) Kepemimpinan Pendidikan Kepemimpinan Jenius (IQ + EQ), Etika, Perilaku Motivasional, dan Mitos, Bandung : Alfabeta
  8. Agung Iskandar dan Yufridawati, 2013, Pengembangan Pola Kerja Harmonis dan Sinergi Antara Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas, Jakarta, Bestari Buana Murni
  9. Arikunto, Suharsimi. 1999. Manajemen Penelitian.Jakarta:Renika Cipta.