Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penguatan pendidikan karakter (PPK) pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 06 Lebong sudah menerapkan kebijakan PPK dari Kemendikbud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi evaluasi kebijakan dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru IPA, Kepala SMP Negeri 06 Lebong dan pengawas mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tabel cek, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah studi evaluatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perencanaan pembelajaran mata pelajaran IPA hampir sesuai dengan kebijakan PPK dari Kemendikbud; pelaksanaan dan evaluasi kurang sesuai dengan kebijakan PPK dari Kemendikbud, karena masih terdapat beberapa hal yang belum dilaksanakan oleh pemerintah, sekolah, terutama oleh guru mata pelajaran IPA. Hal ini didasari fakta bahwa kebijakan penguatan pendidikan karakter telah lama digaungkan oleh pemerintah, sehingga sekolah harus melaksanakan kebijakan tersebut sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Kamaruddin, Syamsul. 2012. Character Education and Students Social Behavior. Journal Of Education and Learning. 06(4), 2012, 223-230
- Aditya, Rise Anggraeni dan Soedjono. 2018. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di SDN Mangkang Wetan 02 Kota Semarang. Jurnal Manajemen dan Kebijakan Publik, 03(1), Maret 2018, 36-45
- Agboola, Alex, Kaun Chen Tsai. 2012. Bring Character Education into Classroom. European Journal Of Educational Research. 01(2), 2012, 163-170
- Anggraini, Purwanti, Tuuti Kusniarti. 2016. The Implementation of Character Education Model Based on Empowerment Theatre for Primary School Students. Journal Of Education and Practice. 07(1), 2016, 26-29
- Anshori, Isa. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Islamic Education Journal. 01(2), Jan 2017, 63-74.
- Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
- Asmani, Jamal. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Sekolah. Jogjakarta: Diva Press
- Dahliyana, Asep. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah.. Jurnal Sosioreligi, 15(1), Maret 2017, 54-64
- Dalyono, Bambang dan Enny Dwi Lestariningsih. 2017.Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Pedagogik, 03(3), Oktober 2017, 33-42.
Referensi
Kamaruddin, Syamsul. 2012. Character Education and Students Social Behavior. Journal Of Education and Learning. 06(4), 2012, 223-230
Aditya, Rise Anggraeni dan Soedjono. 2018. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di SDN Mangkang Wetan 02 Kota Semarang. Jurnal Manajemen dan Kebijakan Publik, 03(1), Maret 2018, 36-45
Agboola, Alex, Kaun Chen Tsai. 2012. Bring Character Education into Classroom. European Journal Of Educational Research. 01(2), 2012, 163-170
Anggraini, Purwanti, Tuuti Kusniarti. 2016. The Implementation of Character Education Model Based on Empowerment Theatre for Primary School Students. Journal Of Education and Practice. 07(1), 2016, 26-29
Anshori, Isa. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Islamic Education Journal. 01(2), Jan 2017, 63-74.
Arikunto Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asmani, Jamal. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Sekolah. Jogjakarta: Diva Press
Dahliyana, Asep. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah.. Jurnal Sosioreligi, 15(1), Maret 2017, 54-64
Dalyono, Bambang dan Enny Dwi Lestariningsih. 2017.Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Pedagogik, 03(3), Oktober 2017, 33-42.