Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui (1) Hubungan Pengembangan Profesi Dengan Kinerja Guru, (2) Hubungan Komitmen Kerja Dengan Kinerja Guru, (3) Hubungan Pengembangan Profesi Dan Komitmen Dengan Kinerja Guru. Penelitian Ini Menggunakan Metode Kuantitatif Jenis Deskriptif Korelasional. Populasi Penelitian Adalah Guru Matematika SMA/MA Dan Yang Berjumlah 71 Guru. Sampel Berjumlah 62 Guru Yang Dipilih Dengan Teknik Purposive Sampling Yaitu Berdasarkan Pertimbangan Atau Kriteria Tertentu. Kriteria Pemilihan Sampel Dalam Penelitian Ini Berdasarkan Jumlah Guru Yang Tergabung Dalam MGMP Matematika Se Kabupaten Bengkulu Selatan. Instrumen Yang Digunakan Adalah Skala Model Likert. Hasil Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Pengembangan Profesi, Komitmen Dan Kinerja Guru Menyatakan Bahwa Instrumen Penelitian Valid Dan Reliabel. Data Dianalisis Dengan Statistik Deskriptif, Korelasi Product Moment, Dan Korelasi Ganda. Hasil Penelitian Memperlihatkan Bahwa (1) Terdapat Hubungan Yang Positif Dan Kuat Pengembangan Profesi Dengan Kinerja Guru (2) Terdapat Hubungan Positif Yang Kuat Antara Komitmen Kerja Dengan Kinerja Guru, Dan (3) Terdapat Hubungan Positif Yang Kuat Antara Pengembangan Profesi Dan Komitmen Kerja Secara Bersama-Sama Dengan Kinerja Guru. 

Article Details

References

  1. Ahmad dan Razak (2012). Ilmu Keguruan. Bandung : Al Fabeta
  2. Anwar, Q., & Sagala, S. 2004. Profesi Jabatan Kependidikan dan Guru Sebagai Upaya menjamin Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.
  3. Barnawi & Arifin, M. 2012. Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  4. Bungin, B. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  5. Gabriel H. Diaz, and Maggioli. (2003). Option for Teacher Professional Development, pp.8, English Teaching Forum
  6. Lidyawati, Ni Komang Ayu, 2014. Pengaruh Pengembangan Profesi, Iklim Sekolah, Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Abiansemal Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol: 4 No: 1 Tahun: 2014
  7. Putri, ayu dwi kesuma. (2017). Pengembangan profesi guru dalam meningkatkan kinerja guru. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 1–9. Retrieved from ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/..
  8. Zainal, A., & Elham, R. (2007). Pengembangan Profesi. Bandung: Remaja Rosdakarya