Main Article Content

Abstract

This study aims to described aspects that are applied in the civilization of  religious culture, describing the technical steps, supporsing factors and obtacle factors that are used among students of SMK country 1 Bengkulu City. This study uses an ethnographic method or strategy. While the data collection process uses techniques; observation, documentation and interviews.The results showed that the religious culture program was implemented through intracurricular programs (practice of worship, reading and writing the Qur'an), co-curricular (3 S culture, shaking hands culture, duha prayer, zuhur prayer in congregation, tadarrus al-qur'an). The physical form of religious culture in SMK country 1 Bengkulu City is the presence of a prayer room and its infrastructure, religious slogans and motivation.

Article Details

References

    Achmadi, Cholid Narbukodan Abu. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
    Agus Zaenul Fitri, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah (Malang: Ar-Ruzz Media, 2012), 137-139.
    Ahmad Fauzi, “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Islam,” Nidhomul Haq Vol 2 no. 2 (2017): 62
    Amek.2020.Strategi Penguatan Budaya Religius dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah.Jurnal Studi Agama-agama dan Lintas Budaya 4, 1: 64-72.
    Anas Salahudin dan Irwanto Alkarienciehie, Pendiikan Karakter Pendidkan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa, (Bandung : Pustaka Setia, 2017) hal.54
    Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.hal 132
    Asmaun Sahlan, Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi, (Malang: UIN Maliki Press, 2010), hal. 72

    Chairul Anwar, Hakikat Manusia dalam Pendidikan sebuah Tinjauan Filosofis (Yogyakarta: Suka Press, 2014), h. 73.
    Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: PT. Balai Pustaka, 1991), hal. 149.
    Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Indonesia, (Jakarta: PT. Balai Pustaka, 1995), hal. 336.
    Fuad Nashori dan Rachny Diana Muchrram, Mengembangkan Kreativitas Dalam Perspektif Islam, (Jogyakarta: Menara Kardus, 2002), h. 71.
    Herminanto dan Winarno, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011). h.72
    H.M. Arifin.Kapita Selekta Pendidikan Islam.Jakarta: PT Bumi Aksara. 2003. Hal 45
    Ismail,Risnawati. 2018. Implementasi Budaya Religius Dalam MeningkatkanAkhlakul Karimah Peserta Didik.Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.Volume 6, Nomor 1
    Jalaluddin, Psikologi Agama, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007), h. 97
    Kertajarya. 2010. Karakter Dunia Pendidikan Indonesi. Jakarta: Pustaka Felichia

    Koentjaraningrat, Rintangan-Rintangan Mental dalam Pembangunan Ekonomi di Indonesia, (Jakarta: Lembaga Riset Kebudayaan Nasional Seni, 1969), hal. 17. 9

    K. Permadi, Pemimpin dan Kepemimpinan Manajemen, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996), h.10
    Marno, Islam by Management and Leadhership, (Jakarta:Lintas Pustaka, 2014), hal 54

    Muhaimin, dkk., Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2008.

    Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: Rosda Karya, 2001), Hal. 301

    Muhaimin, Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009), hal. 115,326.

    Muhammad Alim, Pendidikan Agama Islam: upaya pengembangan pemikiran dan kepribadian (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006), h. 12
    Muhammad Fathurrohman, (2012) Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, 222-22.

    Muhammad Nur Hakim, “ Upaya Kepala Madrasah dalam Membina Budaya Religius”, Improvement Vo.5 No. 1(2018)h. 79

    Multazam, 2019,” Budaya Religius Islam Pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas Di Jawa Tengah” Yogyakarta, Tesis, (Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

    Ridwan Budiyanto, Pendidikan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah di SDIT Luqman Al-Hakim Internasional Yogyakarta, Skripsi, (Fak. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 2017), h. 51-52

    Selvi Oktapianti, “Pengaruh Budaya Religius Terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMK IT RABBI”, (Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Curup, 2015)

    S.O. Fernandez, Citra Manusia Budaya Timur dan Barat, (NTT: Nusa Indah, 1990), hal. 28.

    Soekarto Indrachfudi, Bagaimana Mengakrabkan Sekolah dengan Orang Tua dan Masyarakat, (Malang: IKIP Malang, 1994), hal. 20.

    Soewadji Lazaruth, Pimpinan Sekolah dan Tanggung Jawabnya, (Yogyakarta: Kanisius, 1984), h. 20

    Sugiyono. (2003). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

    Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

    Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

    Talizhidu Ndraha, Budaya Organisasi, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997), 82

    Ulil Amri Syafri, Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an (Jakarta: Rajawali Press, 2002), 11.

    Yusuf Samsul, Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), h. 184

    Zubaiedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lenbaga Pendidikan. Jakarta: Kharisma Putera Utama.