Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk : 1) Mendeskripsikan keterampilan konseptual (conceptual skill), 2) keterampilan manusiawi (human relationship skill, dan 3) keterampilan tehnik (technical skill) kepala sekolah dalam meningkatkan mutu layanan pembelajaran di SMA Negeri 3 Mukomuko. Rancangan penelitian deskribtif kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data adalah kepala sekolah, wakil kurikulum dan guru.Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumen.Teknik analisis data memiliki empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) kepala sekolah mempunyai konsep bahwa peningkatan mutu dapat tercapai dengan ditunjang adanya strategi yang tepat serta ketepatan dalam mengambil keputusan, dalam merencanakan program kerja. 2). Sebagai seorang pemimpin yang terampil dalam bekerja sama dengan orang lain, kepala sekolah telah mampu menjalin komunikasi yang baik, memberikan penghargaan kepada bawahannya yang berprestasi, menciptakan suasana kerja yang nyaman, memberikan suri tauladan kepada bawahannya, memberikan bimbingan dalam menjalankan tugas dan melibatkan guru dalam mengambil berbagai keputusan. 3) Kepala sekolah telah bertanggung jawab penuh terhadap proses pengawasan dalam proses pembelajaran dan terlibat langsung dalam upaya memberikan bantuan terhadap guru dalam pengelolaan kelas, sebagai bentuk kemampuan keterampilan tehnis.

Keywords

Keterampilan kepemimpinan Mutu layanan pembelajaran

Article Details

References

  1. Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  2. B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara.
  3. Bambang Warsita.2008. “Teknologi Pembelajaran”, (Jakarta: Rineka Cipta), hlm. 265.
  4. Basri, Hasan. 2014. Kepemimpinanan Kepala Sekolah. Bandung : CV. Pustaka Setia.
  5. Bennis, W. & B. Nanus. (1997). Leaders: The Strategies for Taking Change. New York: Harper Collins.
  6. Connie Choirunnisa.2016. “Manajemen Pendidikan Dalam Multi Perspektif”, (Jakarta: Rajawali Pers), hlm. 116
  7. Faraz N Jaidi. 2004. Kepemimpinan yang Setara. Pusat studi wanita, Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta.
  8. Fathurrahman, Muhammad dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Teras.
  9. Hendro Widodo. 2017. Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah (studi kasus di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3 Gamping Sleman).Yogyakarta.Naturalistic:JurnalKajian Penelitan Pendidikan dan Pembelajaran 2 : 85-93. hwpgsd1960@gmail.com (diunduh 15 Desember 2021).
  10. Hersey. 2003. Paul dan Kenneth. H. Blanchard, Manajemen Perilaku Organisasi : Pendayungan Sumber Daya Manusia, Terjemahan Agus Dharma, Erlangga, Jakarta.
  11. Iriyanti.2015. Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 2, , hlm. 338-344. iriyantiyosep@yahoo.com (diunduh 14 Oktober 2021)
  12. John Wiley. 2008. “The Portable MBA in Project Management”, (Wiley: United States of America), hlm. 212.
  13. Karweti, Engkay. 2010. “Pengaruh Kemampuan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SLB di Kabupaten Subang”. Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 11, No. 2 Hal 73-84. ISSN no. 1412-565X.
  14. Muhammad Lubabul Umam. 2018. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Nurul Islam Purwoyoso Semarang”. Skripsi.Semarang : Uiversitas Islam Negeri Walisongo.
  15. Muhammad Walid. 2008. Keterampilan Mnanajerial Kepala Madrasah/Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan, Madrasah, Vol. 1, No. 1, Dosen pada program studi PGMI dan PAI UIN Malang.
  16. Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  17. Mutohar, Prim Masrokah. 2013. Manajemen Mutu Sekolah: Strategi Peningkatan Mutu dan
  18. Prasetyo, Hari Agus. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Komputer Pada Siswa Kelas IV A SDN Bendan Ngisor. Diakses pada 23 Juli 2019 dari http://lib.unnes.ac.id
  19. Priansa, Donni Juni dan Rismi Somad.2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah.Bandung : CV Alfabeta.
  20. Rusmono, 2014. “Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning”, (Bogor: Ghalia Indonesia), hlm. 6-7.
  21. Sardiman.(2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  22. Shaikh, Z. A., & Khoja, S. A. (2012).Role of Teacher in Personal Learning Environments. Digital Education Review (21), 23-32.
  23. Syafrida. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 5, November 2015, hlm. 679-685 (e-mail: syafrida@gmail.com).
  24. Umar, Q. (2009). Menjadi PNS di Usia Senja. Jakarta: Alvabet.
  25. UrayIskandar, 2013. Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru.Jurnal visi ilmu pendidikan, (jurnal.untan.ac.id)
  26. Veithzal Rivai. 2013. “Pemimpin Dan Kepemimpinan Dalam Organisasi”, (Jakarta: Rajawali Pers)
  27. Wahjosumidjo.2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah”Tinjauan teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
  28. Wahyudi.2012. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.
  29. Werang, Basilus Wedan. 2012. Hubungan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Moral Kerja Guru SMA Negeri di Kota Merauke. Jurnal Aplikasi Manajemen, volume 10. ISSN: 1963