Main Article Content

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kekurangberhasilan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Luar Biasa (SLB Negeri 1 Lebong). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pegawai Tata Usaha, dan Guru Penjasorkes. Hasil penelitian menunjukkan bawah: faktor internal yang mempengaruhi kekurangberhasilan pembelajaran Penjasorkes yaitu terdiri dari 10 indikator dengan tingkat intelegensi dan tingkat konsentrasi siswa sebagai faktor paling berpengaruh. Selanjutnya faktor ekternal terdiri dari 24 indikator dengan indikator tidak adanya guru pengampuh pelajaran Penjasorkes tetap, alokasi waktu pembelajaran yang tidak proporsional dan sarana prasarana belajar menjadi faktor paling berpengaruh. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasinya dengan cara membangun motivasi belajar siswa dan membangun interaksi yang baik

Keywords

Pembelajaran Penjasorkes SLB faktor Pembelajaran Penjasorkes SLB

Article Details

References

  1. Arma Abdoellah. 1996. Pendidikan Jasmani Adaptif. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.
  2. Fitrah, Muh; and Luthfiyah. 2017. Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat: Jejak Publisher.
  3. Muhtar, Tatang; and Lengkana, Anggi Setia. 2019. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.
  4. Sudarsini. 2016. Pendidikan Jasmani Adaptif. Malang: Gunung Samudera.
  5. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  6. Sutopo H.B. 2006. Metode penelitian kualitatif. Solo: UNS Press.
  7. Tarigan Beltasar. 2003. Profil Guru Pendidikan Jasmani Adaptif, Keterlaksanaan Pembelajaran dan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SLB Tuna Netra, Tuna Rungu, dan Tuna Grahita di Kotamadya Bandung. Bandung: Pusat Penelitian Tanaga Kependidikan Bandung: FPOK – UPI.
  8. Widiasworo, Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas.Yogyakarta: Diva Pres.