Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri 1 dan SD Negeri 3 Rupit. (2) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri 1 dan SD Negeri 3 Rupit. (3) jenis dan bentuk ekstrakurikuler pramuka yang ditetapkan kepala sekolah di SD Negeri 1 dan SD Negeri 3 Rupit. dan (4) efektivitas dan efisiensi dari pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri 1 dan SD Negeri 3 Rupit. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sampel penelitian adalah: 2 orang kepala sekolah (SD Negeri 1 dan 3 Rupit), 2 orang Pembina pramuka (SD Negeri 1 dan 3 Rupit), dan 2 orang guru (SD Negeri 1 dan 3 Rupit). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan dan kesamaan dalam perencanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri 1 dan SD Negeri 3 Rupit, perbedaan meliputi rincian dalam perencanaan program kerja, sistem pengawasan dan evaluasi. Sedangkan persamaannya keterlibatan pihak yang terkait dalam perencanaan program kegiatan ekstrakurikuler pramuka. (2) terdapat persamaan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri 1 dan SD Negeri 3 Rupit yaitu meliputi waktu pelaksanaan, jenis dan bentuk ekstrakurikuler pramuka, metode/pendekatan latihan, partisipasi dan sistem penilaian peserta didik, sehingga kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat terlaksana secara efektif dan efisien; dan (3) kepala sekolah berperan aktif dalam mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri 1 dan SD Negeri 3 Rupit, meliputi perencanaan program, keterlibatan SDM, pelaksanaan kegiatan, dan pengalokasian dana kegiatan ekstrakurikuler pramuka

Keywords

Ekstrakurikuler Pramuka Pengelolaan Sekolah Dasar

Article Details

References

  1. Ariani, D. A. D. (2015). Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka. Manajer Pendidikan, 9(1).
  2. Damanik, Saipul Ambri. 2014. Pramuka Ekstrakurikuler Wajib Di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13 (02). pp. 16-21.
  3. Laksono, F. (2018). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa. Joyful Learning Journal, 7(1), 70-78.
  4. Nanti, Sri. 2015. Inovasi Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(1). 21-25.
  5. Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).
  6. Nurdiana, M., & Prayoga, A. (2018). Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah. Madrasa, 1, 9-15.
  7. Romadon Taufik. 2015. Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Pengembangan Karakter Siswa. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(4), 494-504