Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. kepala sekolah mendorong guru untuk mengembangkan kemampuan profesional individu; 2. kepala sekolah meningkatkan kemampuan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran yang bermutu; 3. kepala sekolah meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode pengajaran di sekolah; 4. kepala sekolah meningkatkan kemampuan guru untuk mengevaluasi kinerjanya sendiri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1. Kepala sekolah mendorong guru untuk mengembangkan kemampuan profesional; Strateginya menggunakan pendekatan persuasif, dukungan moral, kebebasan berpikir dan berkreasi. 2. Kepala sekolah meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP yang berkualitas; diberi arahan, diberi bimbingan, dan diberi contoh. 3. Kepala sekolah meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode pengajaran; Guru mampu menguasai materi pembelajaran, mengelola kelas, memotivasi siswa, menggunakan media, berinteraksi dengan siswa, membimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, melakukan evaluasi, mengembangkan interaksi pembelajaran. 4. Kepala sekolah meningkatkan kemampuan guru dalam mengevaluasi kinerjanya; Dengan supervisi akademik, guru mendapat solusi, mengetahui kelemahannya.
Keywords
Article Details
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Asf, Jasmani dan Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media
- Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik, cet ke-13. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
- Kumalasari, Ratna. 2013. Skripsi: Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berbasis Supervisi Pendidikan Di MIN Ngestiharjo, Wates, Kulon Progo. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
- Mukhtar,dan Iskandar. 2013. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta:Gaung Persada Press
- Mulyasa, E., 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Nesmelly. 2018. Jurnal: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Supervisi Klinis. Jurnal Pendidikan Tambusai |686. ISSN: 2614-6754 (print). Halaman 686-697. ISSN:2614-3097(online). Volume 2 Nomor 4Tahun 2018
- Pratami, Fatmi Andi Rizki. Dkk. 2018. Influence Of School Principal And Organizational Climate Supervision On Teachers’ Performance. Internationlal Journal Of Scientific & Technology Research Volume 7, Issue 7, July 2018
- Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta
References
Asf, Jasmani dan Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik, cet ke-13. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Kumalasari, Ratna. 2013. Skripsi: Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berbasis Supervisi Pendidikan Di MIN Ngestiharjo, Wates, Kulon Progo. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Mukhtar,dan Iskandar. 2013. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta:Gaung Persada Press
Mulyasa, E., 2006. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nesmelly. 2018. Jurnal: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Supervisi Klinis. Jurnal Pendidikan Tambusai |686. ISSN: 2614-6754 (print). Halaman 686-697. ISSN:2614-3097(online). Volume 2 Nomor 4Tahun 2018
Pratami, Fatmi Andi Rizki. Dkk. 2018. Influence Of School Principal And Organizational Climate Supervision On Teachers’ Performance. Internationlal Journal Of Scientific & Technology Research Volume 7, Issue 7, July 2018
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesionalisme Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta