Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 7 Bingin Teluk. Data penelitian didapatkan dari hasil observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) perencanaan pembelajaran telah terlihat, perlu adanya perbaikan penyesuaian dengan standar dan ketentuan yang berlaku, (2) pelaksanaan pembelajaran telah terlaksana dengan baik walaupun dalam dokumen masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki, (3) evaluasi pembelajaran telah berjalan dengan baik, dan (4) faktor pendukung antara lain motivasi guru terlihat baik. Faktor penghambat antara lain masih belum adanya aktivitas penilaian antar rekan sejawat secara intensif

Keywords

Evaluasi Program Penilaian Kinerja Guru

Article Details

References

  1. Ahmad, La Ode Ismail. (2018). Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Idaarah, Vol. I, No. 1 (133 – 142)
  2. Arikunto, Suharsimi. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Fitriana, Susi. (2019). Peran Kepribadian Guru Dalam Proses Belajar Mengajar (Analisis Kritiskonstruktif Atas Pemikiran Zakiah Daradjat). Jurnal Muslim Heritage. vol. 4 No 2 (281-300)
  4. Hanisa, Syamwil, Dessi Susanti. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri Di Kotapadang (Tinjauan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Jurnal EcoGen Volume 1, Nomor 2 (371-378)
  5. Jannah, Ida Miftahul. (2018). Manajemen Kelas Inklusif Di SD N Ketintang II Surabaya. Elementary: Islamic Teacher Journal Vol. 6 No. 2 (227-253)
  6. Kemdikbud. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tanggal 23 Mei 2007 Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah
  7. Miarso, Yusufhadi. (2008). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Cetakan Ketiga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  8. Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif. Bandung: PT Rosdakarya
  9. Rahman, Nazarudin. (2009). Regulasi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Felicha
  10. Raihan. (2019). Penerapan Reward dan Punishment dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa SMA di Kabupaten Pidie. DAYAH: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1 (115-130)
  11. Rismawan, Edi. (2014). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia
  12. Sadtyadi, Hesti & Bdrun Kartowagiran. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Sekolah Dasar Berbasis Tugas Pokok Dan Fungsi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Tahun 18, Nomor 2 (290-304)
  13. Supriyana dan Sutedjo. (2019). Supervisi dan Penilaian Kinerja Tendik Jakarta: (MPPKS-PKT) Dikjen GTK Kemendikbud
  14. Uno, Hamzah B. (2008). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang kreatif dan efektif. Cet. II . Jakarta: PT Bumi Aksara