Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran era covid 19 serta implikasinya terhadap guru kelas VI mata pelajaran matematika sekolah dasar negeri di kecamatan Rawas Ulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di 5 sekolah dasar (SD) Negeri di kecamatan Rawas Ulu. Data penelitian didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan beberapa hal, antara lain: (1) Planning (perencanaan) pembelajaran era Covid 19 pada mata pelajaran matematika kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Rawas Ulu telah dilaksanakan dengan baik; (2) Organizing (pengorganisasian) pembelajaran era Covid 19 pada mata pelajaran matematika kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Rawas Ulu telah dilaksanakan dengan baik menyesuaikan dengan perencanaan dan kondisi yang dihadapi; (3) Actuating (pelaksanaan) pembelajaran era Covid 19 pada mata pelajaran matematika kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Rawas Ulu telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perencanaan

Keywords

Manajemen Pembelajaran Guru Matematika Covid 19

Article Details

References

  1. Abidah, A., H N Hidaayatullaah , R M Simamora, D Fehabutar, L Mutakinati. 2020. The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education (SiPoSE) Vol.1, No.1, April 2020, pp. 38-49 ISSN: 2721-9267
  2. Adisel & Ahmad Gawdy Prananosa. Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Alignment:Journal of Administration and Educational Management Volume 3 (1), e-ISSN : 2598-5159 p-ISSN : 2598-0742
  3. Anugrahana, Andri. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3 [282-289]
  4. Fatwa, Alyan. 2020. Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Era New Normal. Indonesian Journal of Instructional Technology , Volume 1, Nomer 2 [20-31]
  5. Firmansyah, Yudi & Fani Kardina. 2020. Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, Vol 4 No 2 [99-112], ISSN : 2541-6995 E ISSN : 2580-5517
  6. Kamal, Ahmad Alif., Norhunaini Mohd Shaifulloh, Muna Sabri, Syahrul N Junaini. 2020. Transitioning to Online Learning during COVID-19 Pandemic: Case Study of a Pre-University Centre in Malaysia. (IJACSA) International Journal of Advanced Computer Science and Applications, Vol. 11, No. 6 [217-223]
  7. Paolini, Allison. 2015. Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes. The Journal of Effective Teaching, Vol. 15, No.1 [20-33]