Main Article Content

Abstract

Secara umum fokus penelitian ini adalah efektivitas pengembangan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam oleh kepala sekolah di SMP N 3 Kaur. Secara khusus fokus penelitian ini adalah ekfektivitas pengembangan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam oleh kepala sekolah di SMP N 3 Kaur ditinjau dari : (1) konteks, (2) masukan, (3) proses, (4) hasil. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif evaluatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik induktif dengan langkah-langkah : reduksi data, display data, previkasi dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pengembangan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah efektif karena semua kegiatan dapat berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan.  Secara khusus, (1) ditinjau dari konteks sudah efektif karena adanya kebijakan kepala sekolah untuk merumuskan program pengembangan kompetensi pedagofik guru PAI, (2) ditinjau dari input sudah efektif karena kesiapan sumber daya manusia dan sarana penunjang lainnya, anggaran dan alokasi waktu kegiatan, telah memenuhi tujuan yang ingin dicapai oleh kepala sekolah, (3) ditinjau dari proses sudah efektif karena program pengembangan kompetensi pedagogik di sekolah dan di luar sekolah berjalan dengan baik, (4) kemampuan guru PAI dalam menguasai kompetensi pedagogik telah mencapai nilai rata-rata masing-masing indikator di atas 75

Keywords

Efektivitas Pengembangan Kompetensi Pedagogik

Article Details

References

  1. Akhyak. 2013. Implementation of Teachers Pedagogy Competence to Optimizing Learners Development in Public Primary School in Indonesia. International Journal of Education and Reseach. Vol. 1 No. 9 Hal. 1-10
  2. Arikunto, Suharsimi dan Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoretis dan Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara
  3. Danim, Sudarwan. 2011. Pengantar Pendidikan. Bandung : Alfabeta
  4. Gunawan, Andi, A. 2020. Penerapan Kerja Kelompok Kegiatan MGMP Guru Ekonomi dalam Menyusun RPP untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik. Celebes Education Review. Vol 2 No. 1 Hal. 31-36
  5. Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, Vol 10 No. 3
  6. Hanifah. M, Mohmadisa. H, Yazid. S, Nasar. N, dan Balkhis. N.S. 2019. Professional and Pedagogical Competencies of Geography Teachers in Malaysia. Review of International Geographycal Education Online. Vol. 9 No. 2 Hal. 304-318
  7. Jamali, Yusra. 2018. Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI pada SMA Negeri se Kota Pangkal Pinang (Penerapan Model Evaluasi CIPP). Jurnal Ilmiah Islam Futura. Vol. 17 No.2 Hal. 340-358
  8. Lubis, Hasrita. 2018. Kompetensi Pedagogik guru Profesional. Best Journal (Biologi Education Science & Technology) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol.1 No. 02 Hal 16-19
  9. Mahmudi, Ihwan. 2011. CIPP : Suatu Model Evaluasi Program. Jurnal At-Ta’dib Vol. 6 No. 1 Hal 111-125
  10. Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
  11. Musfah, J. 2017. Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Journal of Educational Research. Vol. 2 No. 2 Hal. 89-98
  12. Mulyasa. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Remaja Rosda Karya
  13. Perni, Ni Nyoman. 2019. Kompetensi Pedagogik Sebagai Indikator Guru Profesional. Adi Widya : Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 4 No. 2 Hal. 175-183
  14. Prihono, Heri. 2014. Model Supervisi Akademik Berbasis Evaluasi Diri Melalui MGMP Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMK di Kabupaten Wonogiri. Educational Management. Vol. 3 No. 2
  15. Suprayogo dan Tobroni. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya
  16. Susanto, Ratnawati, dkk. 2020. Pedagogic Competence Development Model : Pedagogic Knowledge and Reflective Ability. Published by Atlantis Press SARL. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Vol. 42. Hal 19-23
  17. Yulianti, F. 2012. Hubungan Kompetensi pedagogik Guru PAI dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Tarbawi. Vol.1 No. 2