Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan pengawasan penguatan Pendidikan karakter.  SMP Negeri 35 Kaur merupakan salah satu sekolah yang mengembangkan penguatan pendidikan karakter melalui internalisasi nilai-nilai pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan. mendeskripsikan pengelolaan program penguatan pendidikan karakter. Metode penelitian dengan pendekatan  diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Ada tiga tahapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini  memberikan gambaran dalam perencanaan ,pengorganisasian,pelaksanaan dan pengawasan penguatan pendidikan karakter  yang dilaksanakan dalam tiga kegiatan utama yaitu terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran,  ekstrakurikuler,  pembiasaan dan pembudayaan

Keywords

Manajemen Pendidikan Karakter Sekolah Berasrama

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Dahliyana, Asep. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah, http://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/ article/view/ 5628/3821
  3. Defitrika, F.,Mahmudah,FN. (2021). Development Of Life Skills Education As Character Building. International Journal of Educational Management and Innovation. Vol.2, No.1, , pp. 116-135. DOI: 10.12928/ijemi.v2i1.3195
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Sujanto, B. 2008. Boarding School Punya Banyak Kelebihan. Republika. Halaman 9.
  6. Triyono, A. (2019). Pendidikan Karakter pada Sistem Boarding School. Jurnal Kependidikan, 7(2) ,251-263. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3085.
  7. Malik, H. 2013. Fajar Kebangkitan Pendidikan Daerah tertinggal. Jakarta: LP3FS, Miles Matthew& A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI- Press 2009. Jakarta Erlangga 2007. Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011
  8. Septiana, E.S (2020), Manajemen Penguatan pendidikan karakter Di Sdit Ihsanul Fikri Kota Magelang. Magelang Pasca Sarjana UMM.
  9. Sutrisno, M (2016). Problem dan Solusi pendidikan sekolah berasrama (online)
  10. (http://sutris02 wordpress.com/2008/09/08/ problem dan solusi pendidikan berasrama- boarding- school/, didownload tanggal 18 oktober 2016)