Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui  tentang evaluasi program prakrin era pandemic covid-19 di  SMKN 6 Kaur dan SMK N 1 Kaur.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber datanya adalah kepala sekolah, kepala program, dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi. Hasil wawancara direduksi dan di koding. Hasil penelitian adalah (a) implementasi  prakerin di SMKN 6 Kaur dan SMKN 1 kaur sudah melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. (b) strategi SMKN 6 Kaur mengundang  DU/DI menjadi guru tamu, evaluasi melalui laporan. Strategi SMKN 1 Kaur, memetakan ulang DU/DI, evaluasi menggunakan laporan (c) capaian hasil  di SMKN 6 Kaur aspek personal di atas nilai 80, aspek kompetensi di atas KKM. Sedangkan SMKN 1 Kaur aspek teknis predikat B, dan aspek non teknis di atas KKM. (d) hambatan dan solusi,  di SMKN 6 Kaur  MoU berbeda,  pelaksanaan 3 bulan, monitoring terkendala PPKM. Solusi dilakukan adalah: guru tamu dari  DU/DI. Sedangkan di SMKN 1 Kaur adalah DU/DI menolak kerja sama, pelaksanaan 3 bulan terhambat PPKM . Solusi yang dilakukan  memetakan lagi pihak DU/DI

Keywords

Evaluasi Prakerin Pandemi Covid-19

Article Details

References

  1. Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajara.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  2. Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin AbdulJabar.2008. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara
  3. Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian (cet.11). Jakarta: PT. Rineka Cipta
  4. Baety, Dwinda Nur dan Dadang Rahman Munandar. Analasis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education. Volume 3 Nomor 3 Tahun 2021. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476
  5. Dana Linnell Wanzer.2020 . What is evaluation? Perspectives of how evaluation differs (or not) from research. American Journal of Evaluation. 16(1) https://doi.org/10.1177/1098214020920710
  6. Dewi Sri Wahyuni. 2019. Analisis Penerapan Teknik Evaluasi Melalui Illuminative Model Dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Viii Mts Alkhairaat Biromaru. Journal Peqguruang: Conference Series. Vol. 1 No. 2 http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.576
  7. Djojonegoro, W. 1998. Pengembangan sumberdaya manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (-.). Jakarta: Agung Offset, 1998
  8. Dr. Istanto Wahju Djatmiko, dkk. Diktat Modul PTK 2013. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Diakses dari https://text-id.123dok.com/document/qvjvokrq-diktat-modul-buku-ptk-2013.html pada 04/07/2021
  9. ElSevier. COVID-19 infection in childre. 2020 https://doi.org/10.1016/ S2213-2600(20)30152-1
  10. Hairun, Yahya.2020. Evaluasi Dan Penilaian Dalam Pembelajaran. N.p., Deepublish
  11. Hamalik, O. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran/Oemar Hamalik (-.). Jakarta: Bumi Aksara
  12. Handarini, Oktafia Ika . Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH)
  13. Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok- pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia
  14. Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  15. Lisa Ardiani1. 2020. Evaluasi Pelaksanaan Program Praktek Kerja Industri (Prakerin). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. (4) 194-200
  16. Maleong, Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya
  17. Muhaimin,dkk. 2009. Manajemen Pendidikan, Jakarta:...Kencana
  18. Olawale Y. Olonade. 2021. Coronavirus pandemic and spirituality in southwest Nigeria: Asociological analysis. Heliyon. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06451
  19. Omar Saeed, MD, dkk. 2021. Characteristics and Outcomes of Patients with COVID-19 Supported by Extracorporeal Membrane Oxygenation: A Retrospective Multicenter Study. Elsevier Inc. The Journal of Thoracic and Cardiovascular Surger. https://doi.org/10.1016/j.jtcvs.2021.04.089
  20. Putra, Aditya Indra . Pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas xii program keahlian teknik mekanik otomotif smk texmaco pemalang. Jurnal PTM. volume 9. no. 1. juni 2009
  21. Ramli, Rully R.2020. Jumlah Pengangguran Terus Bertambah, Paling Banyak Lulusan SMK. Kompas.com. https://money.kompas.com/read/2020/12/11/143242326/jumlah-pengangguran-terus-bertambah-paling-banyak-lulusan-smk (Dunduh pada 21 April 2021)
  22. S. Nasution. 2996. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara
  23. SaadB.Omer,MBBS, PhD. The COVID-19 Pandemi cinthe US AClinical Update. JAMA. Volume 323. Number18. May12. 2020. Downloaded https://jamanetwork.com/ on 07/03/2021
  24. Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8. Nomor 3. 2020. E-ISSN: 23389621
  25. Sir John Daniel. Education and the COVID?19 pandemic. Acsenda School of Management. Vancouver. Canada. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3
  26. Sugiaono. 2010. Metodologi Penlitian Pendidikan pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alvabeta
  27. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Cet.4.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  28. Sunarya, E. (. Link and match: Pendidikan dan kebudayaan. Jakarta: Badan Kerjasama Kesenian Indonesia
  29. Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Teras
  30. Tayibnapis,.F. Y. 2008. Evaluasi program dan instrumen evaluasi untuk program penidikan dan penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
  31. Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya. Yogyakarta: Media Wacana
  32. Unimatrix. Ausbildung di Jerman. diakses dari https://unimatrix.international/info-1 pada 04/07/2021
  33. Widoyoko, S. E. P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian / S. Eko Putro Widoyoko. Pustaka Pelajar.
  34. William C. Frankel, MD, 2021. Commentary: Extracorporeal membrane oxygenation for Coronavirus Disease 2019: A step toward enlightenment or still flying blind?. The American Association for Thoracic Surgery. https://doi.org/10.1016/j.jtcvs.2021.05.030
  35. William N. Dunn.2000. Pengantar Analis Kebijakan Publik. yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  36. Wirawan. 2012. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers