Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait Adaptasi Pelaksanaan Tugas Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 1 Kuningan. Peran Guru dalam pelaksanaan tugas pada masa pandemi Covid-19 terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Untuk Peran Tenaga Administrasi Sekolah dalam pelaksanaan tugas pada masa pandemi Covid-19 terdiri dari pelayanan, pelayanan kepada guru dan siswa dan pengelolaan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, dan observasi yang kemudian menggunakan perangkat lunak Nvivo dalam reduksi datanya.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Adaptasi Pelaksanaan Tugas Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Kuningan yaitu berusaha untuk mengoptimalkan pembelajaran agar materi tersampaikan dengan baik kepada siswa seperti dengan cara meningkatkan kemampuan IT yang menunjang pada kegiatan proses belajar mengajar, penyesuaian alokasi waktu agar pelaksanaan pembelajaran lebih singkat namun lebih detail sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung tidak terlalu bertele-tele sehingga point penting harus tersampaikan ke peserta didik dan tersedianya workshop tentang pembelajaran daring agar efektif di tahun 2020 yang disediakan oleh sekolah

Keywords

Adaptasi Pelaksanaan Tugas Guru Tenaga Administrasi Sekolah Pandemi Covid-19

Article Details

References

  1. Rukajat, Ajat. (2018). Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan. Sleman: Deepublish.
  2. Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.
  3. Saud, Udin Syaefudin & Abin Syamsuddin Makmun. (2011). Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi: Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.
  5. Antorida. Irfan. (2020). Keterampilan-Keterampilan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Terhadap Hasil Belajar Tematik Di MIN Salatiga. Yogyakarta: Jurnal Pedagogik
  6. Anugrahana, Andri. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19 oleh Guru Sekolah Dasar. (__): Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No.3 September 2020.
  7. Cintiasih, Tiara. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 Di Kelas III SD PTQ ANNIDA Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020. Salatiga:
  8. Lindawati, Yustika. (2020). Adaptasi Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Tangerang: Skripsi
  9. Identifikasi Hambatan-hambatan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Sekolah Dasar. Jambi: Skripsi
  10. Muryati, Resy. (2021). Proses pembelajaran Daringpada Masa Pandemi COVID-19 Di kelas Imadrasah Ibtidaiyyah Nurul Ittihad Kota Jambi. Jambi: Skripsi.
  11. Salsabila, Unik.,dkk. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Yogyakarta: Jurnal. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan.
  12. Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SMP Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Skripsi.