Main Article Content

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis pengaruh supervisi akademik dan partisipasi guru dalam kegiatan MGMP terhadap kualitas mengajar guru pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Kabupaten Kaur. Data penelitian didapatkan dari hasil penyebaran angket. Analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif supervisi akademik dan partisipasi guru dalam kegiatan MGMP terhadap kualitas mengajar guru pada masa pandemi Covid-19 di SMK Kabupaten Kaur. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien determinasi (Adjusted R Square) yang diperoleh sebesar 0,679

Keywords

Supervisi MGMP Mengajar SMK Covid-19

Article Details

References

  1. Amalyah, Sarah., Erika Febriyanti, Hari Wandika dan Najmudin. 2021. Peran Kepala Sekolah Dasar Negeri Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 5 (894-903). p-ISSN : 2745-7141. e-ISSN : 2746-1920.
  2. Jurnal Ilmiah CIVIS. Vol. 2, No.2
  3. Hoesny, Mariana Ulfah ., Rita Darmayanti. 2021. Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 11 No. 2 (123-132)
  4. Kurniawan, Hanif., Ening Hasanah. 2021. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas Guru pada Masa Pandemi di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 1 (56-66).
  5. Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
  6. Nurlaeli, Yuli., Oyon Saryono. 2018. Efektivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam Meningkatkan Kinerja Mengajar Guru Bahasa Inggris. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review. Volume 2 Number 2 [308-317]. P-ISSN: 2620-9616. E-ISSN: 2620-9624
  7. Sappaile, Baso Intang. 2010. Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikkan Matematika. Volume 1 Nomor 2 (105- 113)
  8. Schleicher, Andreas. 2020. The Impact Of Covid-19 On Education. Insights From Education At A Glance 2020 @OECD 2020
  9. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
  10. Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  11. Syafaruddin dan Asrul. 2014. Manajemen Kepengawasan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media