Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan laboratorium IPA pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 Kaur. Penelitian ini bersifat deskriptif evaluatif menggunakan model CIPP. Data penelitian didapatkan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) verifikasi dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan laboratorium IPA pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 8 Kabupaten Kaur telah menggambarkan kesesuaian dengan kriteria pengadaan laboratorium di sekolah. Disarankan pembelajaran IPA dalam laboratorium pada masa pandemi Covid-19 perlu menerapkan dan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 demi kebaikan bersama

Keywords

Pengelolaan Laboratorium IPA Covid-19 CIPP

Article Details

References

  1. Darmayanti, N.W. S., I. K. Wisnu Budi Wijaya, N.P.A. H. Sanjayanti. (2020). Kepraktisan Panduan Praktikum IPA Sederhana Sekolah Dasar (SD) Berorientasikan Lingkungan Sekit. Volume 6, Nomor 2 (310-314). p-ISSN: 2460-9587. e-ISSN : 2614-7017.
  2. Hammond, L Darling., Hyler, M. E., Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development. Palo Alto, CA: Learning Policy Institute
  3. Jannah, Saniatu Nisail., Uep Tatang Sontani. (2018). Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 3 No. 1 (63-70). doi: 10.17509/jpm.v3i1.9457
  4. Manlea, Hermina. (2017). Evaluasi Pengelolaan Laboratorium IPA SMP dan SMA di Kabupaten Belu, TTU, TTS dan Malaka. Bio – Edu : Jurnal Pendidikan Biologi International Standard of Serial Number 2527-6999. Vol. 2, No. 1 (3-5)
  5. Novitasari, Rahmah., Tien Aminatun. (2020). Science Process Skills of Senior High School
  6. Students in Kebumen Regency on the Topic of Environmental Change. Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020). Atlantis Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 541
  7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
  8. Remmington, Rohanna. (2021). How to design the perfect Science Lab. https://envoplan.co.uk/education-news/how-to-design-the-perfect-school-science-lab. Diakses pada 28 Aagustus 2021 pukul 23.10
  9. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
  10. Sulthon. (2016). Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Elementary Vol 4 No 1 (38-54)
  11. Winangun, I Made Ari. (2021). Project Based Learning: Strategi Pelaksanaan Praktikum IPA SD Dimasa Pandemi Covid-19. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar. ISSN 2721-3935. Vol. 2, No. 1 (11-20)
  12. Yaman, Erlina. (2016). Pengoptimalan Peran Kepala Labor dalam Menunjang Pembelajaran IPA di SMPN 7 Kubung. Jurnal Penelitian Guru Indonesia – JPGI. Vol 1 No 1 (63-71). Print ISSN: 2541-3163 - Online ISSN: 2541-3317
  13. Yuliana, Yusminah Hala, A. Mushawwir Taiyeb. (2017). Efektifitas Penggunaan Laboratorium terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMPN 3 Palakka Kabupaten Bone. Jurnal Nalar Pendidikan Volume 5, Nomor 1 (39-45). ISSN: 2339-0749