Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan program ekstrakurikuler olahraga sepak bola era pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Kaur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu CIPP (Context, Input, Processand Product). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kaur. Data penelitian didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan program ekstrakurikuler olahraga sepak bola era pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Kaur dilaksanakan dengan baik

Keywords

Ekstrakurikuler Sepak Bola CIPP Covid-19

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), Cet. 14
  2. Azidman, Leo., Arwin, Syafrial. (2017). Profil Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola Sma Negeri 1 Kaur. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. Volume 1 , Nomor 1 (35-39)
  3. Azimah. (2018). Optimalisasi Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Labuhan Haji Barat Aceh Selatan. DAYAH: Journal of Islamic Education Vol. 1, No. 1 (104-121)
  4. Daryanto. 2013. Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Dewi, Panca Kumala., Nur Hadi, Joan Hesti Gita Purwasih. (2021). Implikasi Ekstrakurikuler Karate Pada Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Perguruan Dojo Cakrawala Institut Karate-Do Indonesia). Naturalistic; Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran. Volume 5. Nomor 2 (833-845. P-ISSN: 2528-2921. E-ISSN: 2548-8589
  6. Febrianto, Agung Pratama. 2020. Level kesegaran jasmani siswa kelas lima SD Negeri 1 dan 41 Kaur Selatan. Educative Sportive - EduSport, 2020: 1(2), 37-42. e-ISSN 2723-4134
  7. Kemendikbud. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Salinan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
  8. Mahmudi, Ihwan.( 2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib. Vol. 6, No. 1 (111-125)
  9. Makbullah., Made Muliarta, Gde Ngurah Indraguna Pinatih, Luh Made Indah Sri Handari Adiputra, Ida Bagus Ngurah, Susy Purnawati. (2018). Kebugaran Fisik Siswa Yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Lebih Baik Dibandingkan Dengan Siswa Yang Hanya Mengikuti Mata Pelajaran Penjas Di Smpn 02 Masbagik Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Sport and Fitness Journal. Volume 6, No.2 (65-71)
  10. Panewaty, Destyantita Fairuz., dan Endang Sri Indrawati. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Dalam Asuhan Nenek Di Smp Negeri 1 Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Empati, Volume 7, Nomor 1 (145-154)
  11. Prasetyo, Kukuh., Soegiyanto, Fajar Awang Irawan.(2020). The Effect of Exercise Methods and Eye-Foot Coordination on Football Passing Accuracy. Journal of Physical Education and Sports 9 (1): 82 – 87. DOI https://doi.org/10.15294 /jpes.v9i1.32157
  12. Ramadhani, Nadia., Trias Mahmudiono. (2021). Academic Stress Is Associated With Emotional Eating Behavior Among Adolescentmedia. Gizi Indonesia (National Nutrition Journal). Vol. 16(1):38-47.https://doi.org/10.204736/mgi.v16i1
  13. Riduan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
  14. Salim, Agus & Yanuar Kiram. 2020. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Rambatan. Jurnal Patriot Volume 3 Nomor 1 (48-61)
  15. Scheunemann, Timo. (2012). Kurikulum dan Pedoman Dasar Sepak Bola Indonesia. Jakarta: PSSI
  16. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  17. Widoyoko, Eko Putra. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
  18. Wilson, Nikki L., (2009). Impact of Extracurricular Activities on Students. American Psychological Association, 5th edition. The Graduate School University of Wisconsin-Stout Menomonie, WI