Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kedisiplinan guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di masa pandemi Covid 19 dan mengetahui kendala yang dihadapi serta cara mengatasinya.  Metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian guru se-kecamatan Talang Empat Bengkulu Tengah. Pengambilan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data statistik deskriptif dan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan kedisiplinan guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran selama pandemi covid-19 berada pada kategori sedang. Dengan rincian kedisiplinan guru pada perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan evaluasi pembelajaran semua pada kategori sedang. Kendala yang ditemukan (1) dari sisi guru,banyak guru yang tidak memiliki laptop, sinyal kurang memadai,keterbatasan pengetahuan dan praktik menggunakan platform belajar online; (2) dari sisi siswa, banyak siswa tidak memiliki HP android, sinyal kurang, keterbatasan kuota dan banyak siswa yang kurang pemantauan orang tua dalam pembelajaran PJJ. Upaya mengatasi dengan menggabungkan pembelajaran online dan offline, sekolah melaksanakan workshop bagi guru dalam pemanfaatan tekhnologi pembelajaran daring, dan pemberian kuota internet pada siswa dan guru

Keywords

Disiplin Guru Pandemi Covid 19 Tugas Pembelajaran

Article Details

References

  1. Amin, M.,Mursito, B. (2018). Pengaruh Kedisiplinan, Motivasi dan Komitmen Terhadap Kinerja Guru SMP Batik Surakarta. Indonesian Economics Business and Management Research Vol. 1, No. 1
  2. Arikunto, S .(2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Arikunto, S.(2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Jakarta: Bumi Aksara
  4. Danim, S. (2012). Pengembangan Profesi Guru, Jakarta, Kencana.
  5. Danim, S. (2016). Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia
  6. Hamidah, N. (2017) . Tingkat Kedisiplinan Guru. Gurukusiana.id
  7. Haryati,M. (2009).Model & Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta:Gaung Persada
  8. Kemendikbud (2003). Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional
  9. Kemendikbud. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional.
  10. Majid,A.(2012).Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Standar Kompetensi Guru Bandung: Remaja Rosdakarya
  11. Muai. (2015). Disiplin guru Dalam Pembelajaran. eJournal UNIB
  12. Mulyasa.E.(2013).Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  13. Riduwan dan Akdon. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. Bandung: Alfabeta.
  14. Sastropoetro,S.(1995). Partisipasi, Komunikasi, Persuasi dan Disiplin dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Penerbit Alumni
  15. Sekaran, Uma.(2006).Metodologi penelitian untuk bisnis..Jakarta : Salemba Empat
  16. Sukardi.(2012). Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara
  17. Sudjana,A.(2011).Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Gravindo Pers
  18. Sugiyono.(2019).Metgode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.