Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mengajar bahasa Indonesia melalui supervisi klinis kelas di SMP Negeri 20 Kabupaten Mukomuko. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Subyek utama penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Negeri 20 Mukomuko. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi klinis kelas dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mengajar bahasa Indonesia di SMP Negeri 20 Kabupaten Mukomuko. Disarankan kepada kepala sekolah sebaiknya menggunakan supervisi klinis kelas sehingga dapat meningkatkan proses dan hasil belajar mengajar di sekolah tersebut

Keywords

Teknik Klinis Supervisi Kelas untuk meningkatkan hasil dan proses belajar mengajar bahasa Indonesia bahasa

Article Details

References

  1. Aqib, Zainab. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Yrama Widya.
  2. Depdiknas. 2006. Panduan Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
  3. Enoch, Yusuf. 1995. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan, Cetakan kedua. Jakarta: Bumi Aksara
  4. Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  5. Purwanto Ngalim, M. 2007. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. Sahartian, A, Piet. 2008. Konsep Dasar dengan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Syaifudin, Udin Saud. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
  8. Tohari, Ahmad dan Abu Ahmad. 1991. Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara