Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan umum dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan supervisi kolaboratif dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 48 Seluma. Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan proses pendekatan supervisi kolaboratif yang dilakukan Kepala Sekolah SMP Negeri 48 Seluma dalam meningkatkan kompetensi profesional guru; 2) Untuk mendeskripsikan hambatan yang dihadapi Kepala Sekolah SMP Negeri 48 Seluma dalam menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru; 3) Untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 48 Seluma setelah diterapkan pendekatan supervisi kolaboratif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data dilakukan untuk pengolahan data yang dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Adapun langkah-langkah proses analisis datanya yaitu: data reduction (reduksi data), display data (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (kesimpulan). Simpulan penelitian ini secara umum yaitu proses pendekatan supervisi kolaboratif yang dilakukan kepala sekolah SMP Negeri 48 Seluma dalam meningkatkan kompetensi profesional guru berjalan dengan cukup baik. Hal ini terbukti dengan adanya tindakan riil yang dilakukan kepala sekolah secara sistematis dan terprogram.

Rincian Artikel