Isi Artikel Utama
Abstrak
Fokus pembelajaran di SMK perlu menekankan penguasaan keterampilan, pengetahuan, sikap, dan nilai-nilai yang dibutuhkan industri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Inovasi pengelolaan (Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi) kelas industri pada Program Pintar Bersama Daihatsu (PPBD) di SMK. Metode penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Objek penelitiannya yaitu SMK Negeri 4 Kepahiang pada program Keahlian Tehnik Kendaraan Ringan Otomotif kelas industri Program Pintar Bersama Daihatsu. Hasil penelitian diperoleh pengelolaan kelas industri diawali dengan perencanaan melakukan kerjasama antara pihak sekolah dengan industri serta dilanjutkan dengan kolaborasi penyusunan kurikulum kelas industri antara kurikulum SMK dan kualifikasi industri. Pengelolaan pelaksanaan disesuaikan dengan kurikulum yang telah disusun bersama industri mitra. Pengelolaan evaluasi program kelas industri dilakukan setelah proses pelaksanaan kelas industri oleh kedua belah pihak.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Hartanto Hartanto, Manap Somantri, Rambat Nur Sasongko

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.