Isi Artikel Utama

Abstrak

-  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen pembelajaran bagi anak tunagrahita, yang ditinjau dari aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan hambatan pembelajaran keterampilan bagi anak tunagrahita di SLB Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, koordinator keterampilan, dan guru keterampilan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dimana data akan dianalisis dengan cara mengumpulkan, mereduksi, menyajikan data, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran keterampilan di SLBN 1 Kota Bengkulu telah berjalan sebagaimana mestinya, yaitu dengan perencanaan untuk menentukan program pembelajaran melalui rapat koordinasi tahunan, uji asesmen siswa, dan penyusunan RPP, menyiapkan kebutuhan pembelajaran terkait sarana dan prasarana menggunakan anggaran dana BOS dan komite, pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan perencanaan dengan metode direct instruction dengan guru yang mengampu masing-masing pembelajaran keterampilan, evaluasi dilakukan dengan memberikan kesempatan siswa untuk magang di lembaga  luar sekolah yang sudah bermitra dan dilakukan juga evaluasi program pembelajaran keterampilan yang sudah terlaksana. Namun, masih terdapat hambatan yaitu kesulitan komunikasi dengan siswa, SDM guru yang latar belakang pendidikannya tidak relevan, dan sarana prasarana sekolah, serta penolakan dari mitra tempat anak tuna grahita melakukan kegiatan magang.


 

Rincian Artikel