Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 di SMP N 11 Rejang Lebong. Penelitian merupakan penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 11 Kabupaten Rejang Lebong. Data penelitian didapatkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 di SMP N 11 Rejang Lebong antara lain dilihat dari: (1) Motivasi guru ditunjukkan dengan keberlangsungan kegiatan belajar dan mengajar yang dilaksanakan secara online, guru merasa bangga dapat merencanakan, melaksanakan, melakukan penilaian dan tindak lanjut dalam tugas sebagai guru, mulai dari awal masuknya virus Covid-19 sampai saat ini; (2) Disiplin guru ditunjukkan dengan pelaksanaan tugas dan kewajiban guru dalam pembelajaran daring telah mematuhi aturan dan etika yang berlaku di sekolah; (3) Kompetensi profesional guru ditunjukkan dengan pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pembelajaran daring, penguasan materi pembelajaran, serta pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran daring; (4) Tindak lanjut yang dilakukan guru ditunjukkan dengan upaya perbaikan pembelajaran yang akan dilaksanakan sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan perlu adanya upaya peningkatan motivasi guru dalam melaksanakan tugas guru dalam pembelajaran daring masa pandemi Covid-19.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2023 Riva Setiani Dewi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Manajer Pendidikan by https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.